Manajemen Komunikasi Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Pemuda Adat Dalam Mempromosikan Wisata Kajang Ammatoa

Authors

  • Emil Fatra Universitas Almarisah Madani
  • Thiara Tri Funny Manguma
  • Awalyah Lisdayanti Asdar
  • Jimmy Simpe

DOI:

https://doi.org/10.21009.COMM.033.010

Keywords:

Manajemen Komunikasi, Media Sosial dan Pemuda Adat Kajang.

Abstract

Media social menjadikan pemuda adat Kajang mampu mempromosikan wisata adat Kajang. bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemuda adat Kajang Ammatoa dapat mengelola komunikasi melalui media sosial dalam mempromosikan wisata adat mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi strategi komunikasi yang lebih efektif di masa depan. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi konten serta menggunakan Teknik analisis Miles and Huberman dalam menghasilkan data


penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemuda adat Kajang melakukan manajemen komunikasi melalui media social facebook dan Instagram. Strategi komunikasi melalui media social telah diimplementasikan dan dioptimalkan melalui 1) Konten Visual, 2) Komunikasi Persuasif, dan 3) Menawarkan Cendramata, 4) Controlling Media. Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi literasi baru dalam penelitian komunikasi media dan politik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen komunikasi melalui media social pemuda adat Kajang memberikan dampak dalam peningkatan promosi wisata adat yang ada di Kabupaten Bulukumba. Oleh karen itu, peneliti secara detail menganalisis penelitian ini sebagai informasi baru.

References

Andriana, N., Riset, P., Riset, P.-B., Nasional, I., Jenderal, J., Subroto, G., 10, N., & Selatan, J. (2022). Pandangan Partai Politik Terhadap Media Sosial Sebagai Salah Satu Alat Komunikasi Politik Untuk Mendekati Pemilih Muda (Gen Y Dan Z): Studi Kasus Pdi-P Dan Psi the Perspective of Political Parties Towards Social Media As One of the Political Communication. Jurnal Penelitian Politik, 19(1), 51–65. https://ejournal.politik.lipi.go.id/

Adhinda Triana Diputri & nindita Lintangdesi Afriani (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Brand Image PT Hijau Indah Selaras. Jurnal Commonucology, Vol.10(No.2) : hal. 169–187. http://journal.unj.ac.id/

Abdul Kholik (2020). Perencanaan dan Manajemen Komunikasi dalam Membangun Citra Pelayanan Jasa Outsourcing. Jurnal Commonucology, Vol.8 (No.1 ) : hal. 95 – 103. http://journal.unj.ac.id/

Christy, C. C. (2022). FoMo di media sosial dan e-WoM : pertimbangan berbelanja daring pada marketplace. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(1), 331–357. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i1.3742

Effy Zalfiana Rusfian, M. B. A. (2019). Komunikasi Organisasi Dalam Proses Pembentukan Budaya Organisasi (Studi Nilai Budaya Organisasi I’ve Care Pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1), 9. Budaya organisasi dalam sebuah perusahaan/institusi/organisasi tak hanya berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas perusahaan/institusi/organisasi, tetapi juga sebagai pedoman dan nilai-nilai berperilaku para anggota perusahaan/institusi/organisa

Fatra, E., Sultan, M., & Bahfiarti, T. (2021). The Meaning of Culture Pasang Ri Kajang Communities. 8. https://doi.org/10.4108/eai.6-3-2021.2305961

Fatra, E., Tri, T., & Manguma, F. (2024). Pengelolaan Daun Tarung Sebagai Ekstrak Pewarna Alami Sarung Masyarakat Suku Kajang. 1(3), 107–114.

Guntoro, H., Rikardo, D., Amirullah, Fahrisani, A., & Suarsana, I. P. (2022). Analisa Hubungan Kebersihan Cargo Bilges dengan Cargo Hold dalam Mendukung Kelancaran Proses Bongkar Muat. Journal Marine Inside, 1(2), 1–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i2.9

Hasmawati, F. (2019). MANAJEMEN DALAM KOMUNIKASI * Dosen KOMI Pascasarjana UIN Sumatera Utara ** Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FDK UINSU *** Menyelesaikan S3 Komunikasi Islam PPs UINSU. Manajemen Dalam Komunikasi, 7(2), 1–11. https://communicationdominan.wordpress/201/12/18/pengantar_

Hitopa Sukma, A., & Pranawukir, D. I. (2020). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Jaringan Franchise Warung Tegal Kharisma Bahari. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 274–284. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana

Imam Izzulsyah, Adiyus, Radika, Ahmad Nur Hidayah, & Lianda Saputra. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial Di Masa Pandemi. Fraction: Jurnal Teori Dan Terapan Matematika, 2(1), 21–31. https://doi.org/10.33019/fraction.v1i2.28

Keller, K., & Zierold, M. (2011). Konstruktivismus. Lexikon Der Geisteswissenschaften, 2(1), 421–427. https://doi.org/10.7767/boehlau.9783205790099.421

Manguma, T. T. F., & Fatra, E. (2024). Analisis Performa Algoritma Klasifikasi untuk Deteksi Spam pada Email. Innovative: Journal Of Social Science …, 4, 16461–16465. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/12547/8461

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Nurlaila, L., Febrian, M. E., Agustian, M. H., Ramdhan, M. L., Fahira, N. Z., Paujiah, N. N., & Wardiah, M. L. (2024). Perkembangan Umkm Di Provinsi Jawa Barat Pada Tahun 2020-2022 Dengan Pendekatan Statsitik Deskriptif. JISMA: J. Ilmu Sos. Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 1339–1346.

Pawennei, M., & Qahar, A. (2022). Penyelesain Tindak Pidana Ringan Melalui Kearifan Lokal (Hukum Adat) Dalam Sistem Hukum Indonesia. Journal of Lex Generalis (JLS), 3(2), 143. http: pasca-umi.ac.id/indez.php/jlg

Rusli, E. (2017). Imajinasi Ke Imajinasi Visual Fotografi. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 12(2), 91. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i2.1426

Syarifuddin, A., & Hadidu, A. (2024). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Omset Penjualan Sarung Tenun Sutra Hitam Desa Tanah Towa. Inovasi Teknologi Masyarakat …, 2(June). https://ojs.wiindonesia.com/index.php/intekmas/article/view/216%0Ahttps://ojs.wiindonesia.com/index.php/intekmas/article/download/216/138

Wibowo, S., Rusmana, O., & Zuhelfa, Z. (2017). Pengembangan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata Tourism. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 1(2), 93–99. https://doi.org/10.34013/jk.v1i2.13

Widiasaputra, P. M., Bawa, I. K. A., Suartawan, P. E., Fitriani, D., Aryuni, M., & Sasue, R. R. O. (2022). Pengembangan Sistem Lidar Pendeteksi Jarak Aman Berkendara. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Lingkungan, 6(2), 190. https://doi.org/10.19184/jrsl.v6i2.36607

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Fatra, E., Manguma, T. T. F., Asdar, A. L., & Jimmy Simpe. (2024). Manajemen Komunikasi Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Pemuda Adat Dalam Mempromosikan Wisata Kajang Ammatoa. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 342–359. https://doi.org/10.21009.COMM.033.010