Analisis Strategi Komunikasi Tim OZ Crew dalam Mempromosikan Event Musik pada Instagram @OZRADIOBANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.21009.COMM.033.01Kata Kunci:
Music Event Promotion, Communication Strategy, InstagramAbstrak
Promosi acara musik membutuhkan strategi komunikasi yang efektif supaya bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi dalam promosi acara musik, terutama melalui platform Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan intepertatif, dengan menggunakan trianggulasi sumber data untuk pengujian kredibilitas data. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Dengan tujuan mengetahui pemahaman mendalam terkait strategi komunikasi yang diterapkan oleh pelaku promosi terutama oleh Oz Crew. Selanjutnya, pada penelitian ini memfokuskan pada pemahaman audiens, tren pasar, dan media yang tepat, serta langkah yang diambil oleh pelaku promosi terutama Oz Crew. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menyoroti langkah-langkah strategis mulai dari penelitian, perencanaan, pelaksaaan, pengukuran, dan evaluasi. Faktor-faktor kunci termasuk konsistensi, efektivitas, teknologi, kolaborasi dengan influencer, dan evaluasi berkala. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan promosi event musik sangat bergantung pada strategi komunikasi yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik. Melalui penelitian yang mendalam, perencanaan yang terperinci, pelaksanaan yang konsisten, dan evaluasi yang cermat, tim promosi dapat mencapai audiens target secara efektif dan mencapai tujuan promosi mereka. Rekomendasi akademis mencakup pengembangan teori spesifik, studi longitudinal, dan penggabungan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Di sisi praktis, penelitian ini mendorong pemanfaatan teknologi, kolaborasi dengan influencer, dan evaluasi berkala untuk meningkatkan efektivitas promosi. Dengan memberikan panduan praktis bagi profesional industri musik, penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman tentang strategi komunikasi yang efektif dalam promosi acara musik di masa mendatang.
Referensi
Azizah, N., & Rohmah, A. N. (2023). Strategi Komunikasi Digital Media Officer City Centrum Mall Di Kota Samarinda Dalam Mengelola Instagram @City_centrum. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 1061–1074. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.318
Butar Butar, M., Cangara, H., & Wahid, U. (2022). Strategi Komunikasi Penggunaan Instagram Dalam Kegiatan Promosi Kuliner @Polkadotkitchen. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i1.1784
Dinda. (2019). POLA KOMUNIKASI INTERNAL MELALUI PESAN DIGITAL PADA PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI. https://www.communicationtheory.org/patterns-of-communication/ Dumaris. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Ermia. (2019). Komunikasi Organisasi Pimpinan … (Ermia Kuswandini) KOMUNIKASI ORGANISASI PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR PUTERI NAHDLATUL ULAMA (PC IPPNU) SLEMAN Organizational Communication Of Nahdlatul Ulama’s Sleman Branch Leaders Of Bond Of Female Students (PC IPPNU).
Fathurrahman. (2019). ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM #FOODFESTIVALBANDUNG DALAM MEMPROMOSIKAN EVENT WISATA KULINER DI KOTA BANDUNG Photos and Texts Analysis on instagram account #FOODFESTIVALBANDUNG at Promoting Culinary Tourism Events in Bandung City. https://www.termasmedia.com
Jonathan. (2020). ANALISIS POLA KOMUNIKASI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN (Studi pada Koperasi Unit Desa Bale Yotro).
Junaidi, A., & Syaifurahman, B. (2022). Strategi Komunikasi Penggunaan Instagram dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Krisis Iklim. Koneksi, 6(2), 416–423. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15795
Junaidi. (2022). Strategi Komunikasi Penggunaan Instagram dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Krisis Iklim.
Kamesywara, D., & Ningsih, S. (2019). Strategi Komunikasi Bagian Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) Adisucipto Solo dalam Membangun Citra Positif Melalui Program "Outing Class". Jurnal Komunika, 7(1), 1-19.
Lizaida. (2023). PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI COMEDY EVENT DI KOTA BENGKULU USE OF INSTAGRAM AS A MEDIA FOR COMEDY EVENT PROMOTION IN BENGKULU CITY. SIBATIK JOURNAL | VOLUME, 2(10), 3221–3228. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i10.1411
Martin, A., & Maulida, D. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Sosial dalam Usaha Pemberdayaan Masyarakat Berkebutuhan di Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5689-5894.
Mukarom, Z. (2020). Teori-teori Komunikasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mustofa. (2021). KOMUNIKASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL DALAM UPAYA MEMBENTUK GAYA KEPEMIMPINAN YANG DEMOKRATIS SESUAI PRINSIP ISLAM DI FAKULTAS ADAB UIN RADEN INTAN LAMPUNG (Vol. 05, Issue 01).
Putra, K. A. N. R., Ohorella, N. R., & Prihantoro, E. (2022). Wedding Organizer Marketing Communication Strategy @Ngantenan.yuk Through Instagram Social Media. Journal of Digital Media Communication, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.35760/dimedcom.2022.v1i2.7421
Sului, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Vertikal dan Komunikasi Horizontal terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kaltim Diamond Coal Site Loa Gagak Kutai
Kartanegara. eJournal Administrasi Bisnis, 9(3), 186-192. ISSN 2355-5408. URL: ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id
Syam, L. A., & Disastra, G. M. (2018). Tinjauan Mengenai Pelaksanaan Event pada PT. Dealpro Indonesia Tahun 2018. e-Proceeding of Applied Science, 4(2), 439-446. ISSN 2442-5826.
Zamzami. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2, 25–37.
Mudjia. (2018). Paradigma Interpretif. Malang: repository.uin-malang.ac.id/2437
Padilah,. & Agus, R., & Aat, R. N. (2023). Strategi Media RelationsKonsultan Public RelationsDalam Membentuk Brand Image Klien. Jurnal Communicology Vol.11(No.2) : hal. 192–215Th. 2023p-ISSN: 2339-1480e-ISSN: 2580-9172D.
Diputri. & Anindita, L. A. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Brand Image PT Hijau Indah Selaras. Jurnal Communicology Vol.10 (No.2) : hal. 169–187Th. 2022p-ISSN: 2339-1480e-ISSN: 2580-9172.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dinasty Tegar Gemilang, Yuliani Rachma Putri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY