Pemetaan Aktivisme Digital Studi Netnografi Kampanye #FreePalestine di Media Sosial

Penulis

  • Wahyuddin
  • Muhammad Farid
  • Arianto
  • Darmadi
  • Iskandar

DOI:

https://doi.org/10.21009.COMM.033.07

Kata Kunci:

#FreePalestine, Digital Activism, Social Media, Netnography

Abstrak

Kampanye digital #FreePalestine telah menjadi gerakan solidaritas global yang paling menonjol di media sosial, namun pemahaman tentang bagaimana kampanye ini berkembang di berbagai platform media sosial masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan dinamika aktivisme digital dalam kampanye #FreePalestine melalui pendekatan netnografi. Metode penelitian ini menggunakan netnografi, yang merupakan adaptasi dari etnografi untuk konteks digital, dengan mengumpulkan data dari berbagai platform media sosial seperti Twitter, TikTok, dan YouTube selama periode 28 Juni-28 Juli 2024. Data yang dikumpulkan melalui Brand24 mencakup mentions, interaksi pengguna, tren hashtag, dan sentimen publik. Temuan penelitian menunjukkan lonjakan signifikan dalam aktivitas mentions dan jangkauan sosial media terkait #FreePalestine, dengan TikTok dan YouTube sebagai platform utama yang memperluas jangkauan kampanye.Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami peran lintas-platform dalam advokasi digital #freepalestine serta menawarkan wawasan praktis bagi para aktivis dan pembuat kebijakan dalam merancang kampanye yang lebih efektif dan komperhensif di media sosial. Signifikansi dari temuan ini terletak pada pemahaman baru mengenai peran kolaboratif berbagai platform media sosial dalam mendukung kampanye digital. Dengan memetakan interaksi sosial dan tren tagar, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana pesan advokasi dapat diperkuat melalui sinergi lintas platform.

Referensi

Addeo, F., Delli Paoli, A., Esposito, M., & Ylenia Bolcato, M. (2019). Doing Social Research on Online Communities: The Benefits of Netnography. Athens Journal of Social Sciences, 7(1), 9–38. https://doi.org/10.30958/ajss.7-1-1

Adila, I., Santanasya, N. E., Desra, A., Arif, M., Ajeng, L., & Firdaus, E. (2023). Twitter Discourse : The Necessary Melding of Ethics and Digital Activism. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 219–236.

Alisya, N., & Sholeha, H. (2024). Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Analisis Media Monitoring Brand Facetology pada Bulan Maret - April 2024 Menggunakan Analysis Tools Brand24 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(5), 537–546.

Anisa, N. (2023). Komunikasi Budaya dan Transformasi Opini Publik : Studi Kasus Hastag #FreePalestine. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 14, 111–125.

Argyris, Y. A., Nelson, V. R., Wiseley, K., Shen, R., & Roscizewski, A. (2023). Do social media campaigns foster vaccination adherence? A systematic review of prior intervention-based campaigns on social media. Telematics and Informatics, 76, 101918. https://doi.org/10.1016/j.tele.2022.101918

Cervi, L., & Divon, T. (2023). Playful Activism: Memetic Performances of Palestinian Resistance in TikTok #Challenges. Social Media + Society, 9(1). https://doi.org/10.1177/20563051231157607

Cervi, L., & Marín-Lladó, C. (2022). Freepalestine on TikTok: from performative activism to (meaningful) playful activism. Journal of International and Intercultural Communication, 15(4), 414–434. https://doi.org/10.1080/17513057.2022.2131883

Costello, L., McDermott, M.-L., & Wallace, R. (2017). Netnography. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 160940691770064. https://doi.org/10.1177/1609406917700647

Donnini, E. A. (2024). What a “Free” Palestine would mean. Quadrant, 68(7/8), 44–48.

Faradis, N. (2023). Media Sosial dan Persepsi Publik: Analisis Strategi Kampanye Digital Calon Presiden Indonesia 2024. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, 643–652.

Hidayat, I. S., Wulandari, T. A., Adilla, M., & ... (2024). Analisis Jejaring Sosial Terhadap Keberhasilan Kampanye’Don’t Know?, Kasih No!’oleh Bank Central Asia. Digital Transformation …, 4(1), 147–156.

Housley, W., Webb, H., Williams, M., Procter, R., Edwards, A., Jirotka, M., Burnap, P., Stahl, B. C., Rana, O., & Williams, M. (2018). Interaction and Transformation on Social Media: The Case of Twitter Campaigns. Social Media + Society, 4(1). https://doi.org/10.1177/2056305117750721

Jason Titifanue, Tarai, J., Romitesh Kant, & Finau, G. (2018). PDF iconDownload This Paper Open PDF in Browser Add Paper to My Library Share: From Social Networking to Activism: The Role of Social Media in the Free West Papua Campaign. Pacific Studies Journal, 39(3), 255–280.

Kaslam. (2024). Solidaritas Global: Gerakan Kemanusiaan Untuk Palestina Di Indonesia. In Jurnal Ushuluddin (Vol. 26, Issue 1).

Kunandar, A. Y., Ahmad, A., Mas’udah, D., Fitrianti, E. A., Ulumuddin, I., Romli, N. A., Nurhidaya, Islami, P. Y. N., Rihartono, S., Yazid, T., & Wijayanti, Y. T. (2024). Digital Disturbia: Hiruk - Pikuk Digitalisasi Komunikasi. Penerbit Galuh Patria.

Luckhurst, T. (2021). TikTok: How Israeli-Palestinian conflict plays out on social media. BBCNews.Com.

Malli, R. (2021). #FreePalestine: How Palestinian solidarity won the internet. The New Arab.

Mulyana, A. P. F., & Retnasary, M. (2024). Kampanye Digital Pada Instagram @hendrabrudy Melalui Lagu Anti Bullying dalam Pencegahan Bullying. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 11155–11164. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11651

Namkoong, K., Nah, S., Van Stee, S. K., & Record, R. A. (2018). Social Media Campaign Effects: Moderating Role of Social Capital in an Anti-Smoking Campaign. Health Communication, 33(3), 274–283. https://doi.org/10.1080/10410236.2016.1258616

Nascimento, T., Suarez, M. C., & Campos, R. D. (2022). An integrative review on online ethnography methods: differentiating theoretical bases, potentialities and limitations. Qualitative Market Research: An International Journal, 25(4), 492–510. https://doi.org/10.1108/QMR-07-2021-0086

Nugroho, C. (2020). Masyarakat Cyber: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Media Prenada.

Pamungkas, R. A., & Adnan, M. (2023). Citra Politik Kandidat Walikota Semarang dalam Instagram: Analisis Dramaturgi pada Pilwakot Semarang 2020. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(2), 77–86. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i2.2899

Putraji, Z. I. (2022). Aktivisme Twitter: crowdsourcing melalui tagar #100jutamaskerchallenge. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(4), 303–319. https://doi.org/10.25139/jkp.v6i4.4521

Rahmalya, A., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2024). Analisis Brand Asics melalui Tiktok dan X dengan Sosial Media Monitoring menggunakan Brand24. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(4), 1–10.

Rahmanillah, A. R. (2018). New Public Sphere dan Perkembangan Teknologi Media Sosial di Kawasan MENA (Middle East and North Africa): Studi Kasus Peranan Media InternasionalterhadapPembentukan Social Networking dalam Egyptian Revolution. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(5), 597–622. https://doi.org/10.47313/ppl.v3i5.399

Sajir, Z., & Aouragh, M. (2019). Solidarity, social media, and the “refugee crisis”: Engagement beyond affect. International Journal of Communication, 13, 550–577.

Schoon, A., & Bosch, T. (2023). TikTok and memetic activism against racism in South Africa. Information, Communication & Society, 1–16. https://doi.org/10.1080/1369118X.2023.2295356

Shankar, P., Dixit, P., & Siddiqui, U. (2023). Are social media giants censoring pro-Palestine voices amid Israel’s war? Aljazeera.Com.

Stewart, M., & Schultze, U. (2019). Producing solidarity in social media activism: The case of My Stealthy Freedom. Information and Organization, 29(3), 100251. https://doi.org/10.1016/j.infoandorg.2019.04.003

Diterbitkan

2024-12-29

Cara Mengutip

Wahyuddin, Muhammad Farid, Arianto, Darmadi, & Iskandar. (2024). Pemetaan Aktivisme Digital Studi Netnografi Kampanye #FreePalestine di Media Sosial. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 282–299. https://doi.org/10.21009.COMM.033.07