EKSKLUSI SOSIAL ATAS MASALAH PENDIDIKAN BAGI KELUAGA MISKIN
(Studi Kasus Pada Keluarga Miskin di Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok)
Keywords:
anak putus sekolah, faktor internal, faktor eksternalAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab anak putus sekolah pada keluarga di Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode wawancara mendalam, studi kepustakaan dan observasi. Narasumber terdiri dari 9 orang informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Orang tua anak yang putus sekolah dan anak putus sekolah. Hasil penelitian menunjukkan yang menjadi penyebab anak putus sekolah adalah tidak menyukai sekolah karena merasa dikucilkan oleh teman-teman sehingga membuat mereka tidak nyaman berada di lingkungan sekolah serta faktor sekolah.
References
Alston, Margaret, & Bowles, Wendy. Research for social worker, an introduction to methodes. Sidney: Allen and Unwin, 1998.
Baharuddin M. Putus Sekolah dan Masalah Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Kesejahteraan Keluarga Pemuda‟66, 1982
Beder, H. Reasons for Nonparticipation in Adult Basic Education. Adult Education Quarterly Summer, 1990.
Bullock, J. R. Loneliness in Young Children. ERIC Digest, 1998.
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media, 2008.
Burton, C. B. Children's Peer Relationships. ERIC Digest. Urbana IL: ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education, 1986.
Chaplin, J.P. Dictionary of Psychology. New York: Dill Publishing Co, 1971.
Cresswell, John W. Research Design – Qualitative and Quantitative Approaches. New Delhi.1994
Dakir. Dasar-Dasar Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Djamarah, dan Bahri, Syaiful. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Gunawan, Ary H. Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Hasan, Hamid . Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2008.
Kartono, Kartini. Tinjauan Politik Mengenai Sistem Pendidikan Nasional. Beberapa Kritik dan Sugesti. Jakarta: PT. Pradnya Paramita, 1997.
Mare, R.D. Change and Stability in Educational Stratification. American Sosiological Review, 1981.
Moleong, Lexy J.. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Mosston, M And Sara Ashworth. Teaching Pysical Education. Columbus: Merrill Publishing Company, 1986.
Rossman, Marshall and. Designing Qualitative Research. London: Sage Publication, 2007.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008
Sar A. Levitan. Programs in Aid of the Poor for the 1980”s, Policy Studies in Employment and Welfare, No. 1, Fourth Edition, The Johns |Hopkins University Press, Baltimore and London, 1980
Sardiman, A. M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali, 1988.
Saroni, Moh.. Orang Miskin Harus Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Sindhunata (ed). Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman (Pilihan Artikel BASIS). Jakarta: Penerbit Kanisius, 2001.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sukmanadinata. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praaktek. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Sutikno, M. Sobary. Pendidikan Sekarang dan Masa Depan: Suatu Refleksi Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Bermakna. Mataram: NTP Press Mataram, 2006.
Suyanto, Bagong (ed). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana, 2005.
Syah, Muhibin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2003.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiastono, Tonny D. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2004.
Wlodkowski, R.J., & Jaynes, J.H. Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka, 2004.
Zastrow, Charles. Social Problemss: Issues and Solutions. Fifth edition. Canada: Wadsworth/ Thomson Learning, USA, 2000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.