PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS DAN EFEKTIVITAS WAKTU BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA JURUSAN IPS SMAN 21 BEKASI
Keywords:
fasilitas belajar, waktu belajar, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengukur pengaruh ketersediaan fasilitas sekolah dan efektivitas waktu belajar di sekolah terhadap tingkat motivasi belajar sosiologi siswa jurusan IPS SMAN 21 Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan analisis regresi linear berganda. Hasil nilai uji regresi linear berganda yaitu Y = 24.121 – 1.182X1 + 0.613X2. Secara parsial ketersediaan fasilitas sekolah berpengaruh terhadap tingkat motivasi belajar sosiologi siswa jurusan IPS SMAN 21 Bekasi, dengan nilai t hitung 4.047 > t tabel 1.986. Secara parsial untuk efektivitas waktu belajar di sekolah berpengaruh terhadap tingkat motivasi belajar sosiologi siswa jurusan IPS SMAN 21 Bekasi, dengan t hitung 4.906 > t tabel 1.986. Secara simultan menghasilkan Fhitung sebesar 73.925 > 3.10. Semua uji memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian variabel ketersediaan fasilitas sekolah dan efektivitas waktu belajar di sekolah berpengaruh terhadap variabel tingkat motivasi belajar sebesar 61.8%, sedangkan sisanya sebesar 38.2% dipengaruhi oleh variabel lain.
References
Barnawi dan M. A rifin. 2013, Mengelola Sekolah Berbasis Entrepeneurship. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Gie, The Liang. (2002). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.
Imran, Ali. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.
Jones, P. R. (2007). The Timing of the School Day. Educational Psychology in Practice, 8(2), 82-85.
Khairul Fikri, Luthfi. “UPDATE Terdapat 300 Bangunan Sekolah Rusak, Bupati Bekasi Akui Siap Perbaiki, https://wartakota.tribunnews.com/2020/02/04/updateterdapat-300-bangunan-sekolah-rusak-bupati-bekasi-akui-siap-perbaiki?page=3
(diakses pada 14 April 2020 pkl. 06.30 WIB)
Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Mulengal, H. M., & Angel, M. (2016). Learning Time of Day and Student' Academic Achievement at School Certificate Level: A Case Study of Chibote Girls' Secondary School. Journal of Education and Practice, 7(20), 87-93.
Obrentz, S. B. (2012). Predictors of Science Success: The Impact of Motivation and Learning Strategies on College Chemistry Performance. Disertasi, Georgia State University, Atlanta.
Parwati, N. N., Putu, P. I., & Ayu, R. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Pasal 45 Undang-undang Republik Indonesia (UU RI) No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Prawira, Pura Atmaja. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sjosten-Bell, W. (2005). Influence of Time-of-Day on Student Performance on Mathematical Algorithms. Dissertation, Dominican University of California, California.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Sojanah, J., & Trianda, F. (2018). Student Motivation and School Facilities as Determinants towards Student Learning Outcome. 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018). 65, pp. 313-318. Bandung: Atlantis Press.
Sub Direktorat Statistik Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial, 2019, Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2019, Jakarta: Badan Pusat Statistik, hlm 18
Sukmana, Yoga. "Anggaran Pendidikan Rp 441 Triliun, Jangan Ada Lagi Cerita KelasBocor". https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/17/075330626/anggaran-pendidikan-rp-441-triliun-jangan-ada-lagi-cerita-kelas-bocor (diakses pada 08 April 2020 pkl. 11.10 WIB)
Uline, Cynthia & Megan Tschannen-Moran. (2008). The Walls Speak: The Interplay of Quality Facilities, School Climate and Student Achievement. Journal of Educational Administration 46(1).
Uno, Hamzah B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
W, Darius. (2017). Peran Jam Belajar Efektif Siswa di Sekolah dalam Memoderatori Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. (7)(10).
Welle, Deutsch. Survei Pendidikan Dunia, Indonesia Peringkat 72 dari 77 Negara. https://www.vivanews.com/berita/dunia/23062-survei-pendidikan-dunia-indonesia-peringkat-72-dari-77-negara?medium=autonext (diakses pada 14 April 2020 pkl. 06.00 WIB)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.