Psikoedukasi Sekolah Ramah Anak Di Desa Pasirtanjung Kabupaten Bogor
Kata Kunci:
Psikoedukasi, Sekolah Ramah Anak, Guru, PasirtanjungAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan psikoedukasi Sekolah Ramah Anak di daerah Pasirtanjung. Psikoedukasi ini akan memfokuskan pada pembahasan hak anak untuk membangun kedisiplinan, karakter dan komunikasi positif antar warga sekolah. Diharapkan dengan adanya psikoedukasi ini para guru dapat memenuhi, menjamin, dan melindungi hak anak, serta memastikan bahwa sekolah mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak. Selain itu, sekolah diharapkan tidak hanya melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, namun juga melahirkan generasi yang cerdas secara emosional dan spiritual. Dalam mengupayakan peningkatan kesadaran tersebut, para guru dilibatkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, yang terdapat beberapa kegiatan di dalamnya. Kegiatan berupa psikoedukasi yang disampaikan dalam bentuk seminar melalui pemaparan materi, pemutaran video, praktek serta tanya jawab terkait materi. Kegiatan psikoedukasi Sekolah Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Man’baul Islamiyah Desa Pasirtanjung Kabupaten Bogor berjalan sesuai jadwal yang ditentukan dan kegiatan ini tepat sasaran karena sekolah belum pernah mendapatkan sosialiasi Sekolah Ramah Anak dari pemerintah. Psokoedukasi ini juga terbukti menambah pemahaman baru bagi guru tentang konsep Sekolah Ramah Anak dan cara untuk mengimplementasikannya, terbukti dari hasil peningkatan dari pretest dan posttest nya.