IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK

THE IMPLEMENTATION OF EARLY CHILDHOOD CHARACTER EDUCATION DEVELOPMENT THROUGH HOLISTIC APPROACH

Authors

  • Putu Aditya Antara

DOI:

https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2

Keywords:

Kata kunci: karakter, anak, holistik.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pengembangan karakter dan konsep pengembangan karakter dengan pendekatan holistik. Penelitian dilakukan pada Taman Kanak-kanak Bali Q-Ta Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pengembangan karakter anak adalah sebagai teladan, fasilitator, dan motivator. Sedangkan konsep pengembangan karakter pada kelompok B Taman Kanak-kanak Bali Q-Ta yang dilakukan dengan pendekatan holistik terlihat dari berbagai nilai karakter seperti kewajiban, hemat, hormat dan santun, taat, toleransi, sabar, empati, mandiri, serta berani. Pengembangan karakter anak dilakukan berdasarkan atas karakteristik yang dimiliki anak dengan melakukan kegiatan pembiasaan, mendongeng, meditasi, bermain peran, dan yoga.

Downloads

Published

2019-06-27

How to Cite

Antara, P. A. (2019). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK: THE IMPLEMENTATION OF EARLY CHILDHOOD CHARACTER EDUCATION DEVELOPMENT THROUGH HOLISTIC APPROACH. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 17–26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2