HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KELAS IV PAKET A SETARA SD

THE EFFECT OF INSTRUCTIONAL STRATEGIES AND COGNITIVE STYLES TOWARDS STUDENT ACHIEVEMENT OF FOURTH GRADE OF PACKAGE A EQUIVALENT TO ELEMENTARY SCHOOL

Authors

  • Agus Sadid SKB Kab Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.21009/JIV.1401.5

Keywords:

Kata Kunci: Pembelajaran tematik, pembelajaran konvensional, gaya kognitif, hasil belajar, paket A setara SD

Abstract

Abstrak: Salah satu layanan program pendidkan kesetaraan adalah paket A setara SD. Kurikulum pembelajaran tetap mengacu pada kurikulum pendidikan nasional. Pendekatan pembelajaran mencakup tematik dan konvensional. Mengamati karakteristik pembelajaran pada paket A setara SD, maka pendekatan tematik dianggap paling sesuai namun tetap harus memperhatikan gaya kognitif individu (baca: warga belajar). Untuk itu penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran (baca: tematiik versus konvensional) dan gaya kognitif terhadap hasil/prestasi belajar dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil/prestasi belajar warga belajar paket A setara SD kelas IV.

 

Desain penelitian ini adalah desain eksperimen semu (quasi experiment). Waktu penelitian adalah Oktober-Desember 2018  di Kejar Paket A Setara SD Kelas IV SKB Kab Sumbawa, dan PKBM Bina Bersama. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil/prestasi belajar warga belajar, (2) tidak ada perbedaan hasil/prestasi belajar warga belajar yang memiliki gaya kognitif yang berbeda dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil/prestasi belajar warga belajar.

 

Downloads

Published

2019-06-27

How to Cite

Sadid, A. (2019). HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KELAS IV PAKET A SETARA SD: THE EFFECT OF INSTRUCTIONAL STRATEGIES AND COGNITIVE STYLES TOWARDS STUDENT ACHIEVEMENT OF FOURTH GRADE OF PACKAGE A EQUIVALENT TO ELEMENTARY SCHOOL. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 47–58. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.5