IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD
IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACHES IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.21009/JIV.1402.7Keywords:
implementasi pembelajaran, pendekatan saintifik, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan pendekatan saintifik pada PAUD yang berada di Kecamatan Poco Ranaka yakni TK Wejang Asi dan TK Negeri Mano. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei tahun 2019 di TK Wejang Asi dan TK Negeri Mano. Berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan bahwa guru-guru PAUD di Kecamatan Poco Ranaka belum membuat rencana pembelajaran harian yang memuat pendekatan saintifik dan belum menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran secara maksimal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian para guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran serta menjadi acuan bagi dinas terkait dalam menyiapkan program untuk meningkatkan kompetensi guru-guru PAUD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
- Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License