IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD

IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACHES IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING

Authors

  • Felisitas Ndeot STKIP Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.21009/JIV.1402.7

Keywords:

implementasi pembelajaran, pendekatan saintifik, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan pendekatan saintifik pada PAUD yang berada di Kecamatan Poco Ranaka yakni TK Wejang Asi dan TK Negeri Mano.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei tahun 2019 di TK Wejang Asi dan TK Negeri Mano. Berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan bahwa guru-guru PAUD di Kecamatan Poco Ranaka belum membuat rencana pembelajaran harian yang memuat pendekatan saintifik dan belum menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran secara maksimal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian para guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran serta menjadi acuan bagi dinas terkait dalam menyiapkan program untuk meningkatkan kompetensi guru-guru PAUD.

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

Ndeot, F. (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD: IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACHES IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(2), 141–150. https://doi.org/10.21009/JIV.1402.7