PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK

THE EFFECT OF INTERACTIVE EDUCATIONAL VIDEOS OF RECOGNISING COLOURS ON CHILDREN’S COGNITIVE ABILITIES

Authors

  • Femmy Nur Assyifa Universitas Al Azhar Indonesia
  • Rohita Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nurfadilah Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/JIV.1502.5

Keywords:

anak usia 4-5 tahun, kemampuan mengenal warna, video pembelajaran interaktif, children aged 4-5 years, cognitive skill, recognizing colors educational video

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh video pembelajaran interaktif terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental dengan jenis one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 20 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Indikator kemampuan kognitif yang digunakan adalah kemampuan mengklasifikasikan warna, kemampuan mengurutkan benda berdasarkan 5 seri warna, dan kemampuan menyebutkan warna. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk melakukan pretest dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada nilai rata-rata hasil pretest dan nilai hasil posttest pada indikator mengklasifikasikan warna memiliki nilai; indikator mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi warna; dan indikator menyebutkan warna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran interaktif terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun.

The purpose of this study was to find out the effect of interactive educational videos on children, specially aged 4-5 years, in recognizing colors. The research used pre-experimental method, with one group pre test post test design. The participants were 20 children aged 4-5 years, which recruited using saturated sampling. Indicators of cognitive abilities used in this research were focusing on the ability to classify colors, to sort objects based on 5 color series, and to name the colors. The data were collected through observation using observation sheets before and after the introduction of the interactive educational videos which was conducted for five days. Data analysis was performed using the normality test, homogeneity test, and paired sample T-test. The results showed that there was a significant difference in the mean value of the pretest and posttest results on each indicator. The conclusion of this study is that there is an effect of the use of interactive educational videos on the ability to recognize colors in children aged 4-5 years.

Author Biographies

Femmy Nur Assyifa, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Rohita, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Nurfadilah, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Published

2020-12-23

How to Cite

Assyifa, F. N., Rohita, & Nurfadilah. (2020). PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK: THE EFFECT OF INTERACTIVE EDUCATIONAL VIDEOS OF RECOGNISING COLOURS ON CHILDREN’S COGNITIVE ABILITIES. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 137–146. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.5