STRATEGI PEMBELAJARAN CHARACTER ACTIVITY CARD (CAC) SEBAGAI PENGEMBANGAN PERILAKU BERKARAKTER PESERTA DIDIK DI PAUD HARAPAN BUNDA PASAMAN BARAT
CHARACTER ACTIVITY CARD (CAC) LEARNING STRATEGY IN DEVELOPING CHARACTER BEHAVIOR OF CHILDREN IN HARAPAN BUNDA KINDERGARTEN IN PASAMAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.21009/JIV.1501.9Keywords:
character activity card (cac), perilaku berkarakter, strategi pembelajaranAbstract
Pendidikan karakter merupakan pembelajaran yang diutamakan dalam era Nawacita. Character Activity Card (CAC) adalah salah satu contoh strategi pembelajaran bagi anak usia dini bertujuan untuk menanamkan perilaku berkarakter. Dalam artikel ini penerapan CAC pada salah satu taman kanak-kanak di Sumatera Barat dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik deskriptif interpretif yang dilakukan untuk menggali dan menginterpretasikan informasi yang berhubungan erat dengan perilaku berkarakter yang dilakukan di Taman kanak-kanak Hamparan Bunga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dilakukan sejak anak mulai memasuki kelas setiap hari di Hamparan Bunga. Guru menanamkan nilai-nilai agama dan mengarahkan anak memilih bentuk perilaku karakter yang ada di CAC. Selanjutnya guru mengulang kembali perilaku karakter yang telah dilakukan anak, melalui sebuah cerita dalam tema pembelajaran inti di dalam kelas dan meminta anak mengulang dan menyebutkan perilaku berkarakter setelah selesai pembelajaran inti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
- Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License