Hubungan Intensitas Belajar Ekonomi, Gaya Hidup Siswa dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Terhadap Rasionalitas Berkonsumsi Siswa Kelas XI Paket C Setara SMA di Kabupaten Sumbawa
Keywords:
Intensitas belajar ekonomi, Gaya hidup, Prestasi belajar ekonomi, Rasionalitas berkonsumsi, Paket C setara SMAAbstract
Ekonomi merupakan pelajaran utama pada kelompok IPS paket C setara SMA. Perilaku berkonsumsi siswa dapat diamati melalui pemahaman mereka terhadap pelajaran tersebut. Untuk itu penelitian ini penting dilakukan. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan eksplanatory causalitas. Populasi penelitain ini adalah siswa kelas XI paket C setara SMA se-kabupaten Sumbawa, dan teknik samplingnya adalah multy stage random sampling. Karena tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intensitas belajar, gaya belajar dan prestasi belajar pelajaran ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi, maka analisis data menggunakan analisis jalur mengadopsi model causal steps dari Baron dan Kenny. Temuan Penelitian menunjukan bahwa (1) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa,(2) gaya hidup berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa, (3) gaya hidup siswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (4) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (5) prestasi belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa, (6) gaya hidup siswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi dan (7) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi melalui prestasi belajar ekonomi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
- Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License