Hubungan Intensitas Belajar Ekonomi, Gaya Hidup Siswa dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Terhadap Rasionalitas Berkonsumsi Siswa Kelas XI Paket C Setara SMA di Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Agus Sadid Pamong Belajar

Keywords:

Intensitas belajar ekonomi, Gaya hidup, Prestasi belajar ekonomi, Rasionalitas berkonsumsi, Paket C setara SMA

Abstract

Ekonomi merupakan pelajaran utama pada kelompok IPS paket C setara SMA. Perilaku berkonsumsi siswa dapat diamati melalui pemahaman mereka terhadap pelajaran tersebut. Untuk itu penelitian ini penting dilakukan. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan eksplanatory causalitas. Populasi penelitain ini adalah siswa kelas XI paket C setara SMA se-kabupaten Sumbawa, dan teknik samplingnya adalah multy stage random sampling. Karena tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intensitas belajar, gaya belajar dan prestasi belajar pelajaran ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi, maka analisis data menggunakan analisis jalur mengadopsi model causal steps dari Baron dan Kenny. Temuan Penelitian menunjukan bahwa (1) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa,(2) gaya hidup berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa, (3) gaya hidup siswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (4) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (5) prestasi belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa, (6) gaya hidup siswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi dan (7) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi melalui prestasi belajar ekonomi.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Agus Sadid. (2022). Hubungan Intensitas Belajar Ekonomi, Gaya Hidup Siswa dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Terhadap Rasionalitas Berkonsumsi Siswa Kelas XI Paket C Setara SMA di Kabupaten Sumbawa. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(2), 49–60. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/15883