AKTUALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Mukhamad Hamid Samiaji UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Umi Khomsiyatun UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Imam Hidayat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

aktualisasi, kecerdasan verbal linguistik, anak usia dini, pandemi covid-19

Abstract

Tujuan penelitian mengkaji aktualisasi kecerdasan verbal linguistik anak usia dini di era pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Peneliti mengkaji secara langsung di tempat penelitian untuk mengambil data penelitian. Metode pengambilan data yang dikakukan peneliti secara kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi di KB Wadas Kelir Purwokerto, wawancara terhadap 9 guru dan 10 orang tua, serta melakukan dokumentasi dengan mengumpulkan data berupa RPPH, RPPM, Kurikulum, dan lembar penilaian. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran kreatif berbasis literasi dalam aktulisasi kecerdasan verbal linguistik peserta didik.

Hasil penelitian ini adalah aktualisasi kecerdasan verbal linguistik melalui pembelajaran kreatif berbasis literasi pada masa pandemic covid-19 di KB Wadas Kelir terbagi menjadi tiga model; a) aktualisasi bahasa melalui pembelajaran literasi membaca, b) aktualisasi bahasa melalui pembelajaran literasi berpikir, dan c) aktualisasi bahasa melalui pembelajaran literasi menulis.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Hamid Samiaji, M., Umi Khomsiyatun, & Hidayat, I. (2022). AKTUALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMI COVID-19. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 17(2), 8–29. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/26761