ISLAMIC BASED ART OF DANCE LEARNING IN TK PLATINUM QURAN
Keywords:
Tari, anak usia dini, koreografiAbstract
Pembelajaran tari dianggap sebagai sarana untuk mendukung pertumbuhan fisiologis, prsikologis dan akademis bagi anak-anak usia dini. Menari juga merupakan sarana bagi anak untuk mengekspresikan perasaan mereka terkait dengan suatu objek dan fenomena, serta sebagai upaya untuk pengenalan diri. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait proses pembelajaran tari yang dilaksanakan di TK Quran Platinum dengan beberapa ketentuan-ketentuan yang telah disesuaikan dengan ciri khas TK tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari di TK Quran Platinum dilaksanakan melalui ekstrakurikuler koreografi. Kegiatan dilaksanakan selama 1 minggu sekali. Pemilihan lagu dan gerakan disesuaikan dengan nuansa islami yakni dengan lagu-lagu bergenre religi dan gerakan yang sederhana tanpa menunjukkan lekuk tubuh. Kostum yang digunakan berupa pakaian muslim dengan jilbab yang menutup dada bagi anak perempuan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
- Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License