IDENTIFICATION OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS AT JUNIOR HIGH SCHOOL LEVEL DKI JAKARTA REGION

  • Marja Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Identifikasi, Anak Berkebutuhan Khusus, childreen needs

Abstract

Penelitian ini secara umum dimaksudkan untuk mendapatkan data empiris berkaitan dengan jumlah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tingkat SLTP di wilayah DKI Jakarta.pada tahun 2019. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik deskriptif. Subjek penelitiannya adalah SLTP atau SMP Negeri di wilayah DKI yang diambil secara proporsi dengan jumlah 144 sekolah, yang berasal dari lima wilayah. Instrumen pengumpulan datanya adalah angket. Adapun untuk analisis datanya digunakan   teknik analisis statistik deskriptif.   Hasil penelitiannya adalah hasil penjaringan (identifikasi) ABK di DKI Jakarta dengan data terbanyak pada anak lambat belajar/slow learner dengan jumlah 468 (45,44%), untuk data terbanyak kedua yaitu anak dengan hambatan inteligensi/tunagrahita dengan jumlah 230 (22,33%), kedua jenis ABK tersebut berkaitan dengan hambatan kecerdasan dengan memiliki kemampuan inteligensi di bawah rerata normal. Studi ini menunjukkan bahwa pada tingkat SLTP di DKI Jakarta jumlah peserta didik dengan kemampuan kecerdasan di bawah rnormal yang cukup tinggi, baik ABK jenis lambat belajar dan hambatan inteligensi. Dengan demikian, penelitian ini berimplikasi terhadap pemantapan konsep dan praktik dalam layanan pendidikan inklusif tingkat SLTP di DKI Jakarta. Penelitian ini juga menjadi  penting, dikarenakan data-data mengenai jumlah ABK pada tingkat SLTP cenderung belum ada secara memadai. Hal ini diharapkan menjadi rujukan dalam meningkatkan layangan bagi ABK khususnya dalam setting layanan pendidikan inklusif di DKI Jakarta

Published
2023-06-30
How to Cite
Marja. (2023). IDENTIFICATION OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS AT JUNIOR HIGH SCHOOL LEVEL DKI JAKARTA REGION. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 18(1), 21-23. https://doi.org/10.21009/JIV.1801.4