ANALISIS DINAMIKA STRUKTUR SWING ARM SEPEDA MOTOR JENIS SUSPENSI MONOSHOCK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
DOI:
https://doi.org/10.21009/JKEM.1.1.1Keywords:
Analisis Statik, Dinamika Struktur, FRFAbstract
Analisis dinamika struktur yang dilakukan pada lengan ayun (swing arm) bertujuan untuk mengetahui karakteristik struktur lengan ayun sepeda motor pada sistem suspensi monoshock. Kondisi jalan yang tidak rata akan mengakibatkan getaran pada sepeda motor dan timbulnya perubahan struktur serta tekanan bidang yang merata pada lengan ayun. Kemampuan lengan ayun akibat perubahan struktur dapat diketahui dengan melihat hasil perubahan struktur dan tekanan bidang pada nilai maksimum. Sedangkan kestabilan getaran dapat diketahui dari frekuensi natural dan hasil respon frekuensi. Analisis statik dan dinamika struktur yang dilakukan pada lengan ayun menggunakan metode elemen hingga yang dibantu dengan perhitungan komputasi program komputer. Program komputer yang digunakan adalah Autodesk Inventor dan Msc. Software. Pembuatan gambar geometri dan analisis statik menggunakan program Autodesk Inventor, sedangkan analisis dinamika struktur dilakukan menggunakan program Msc. Software. Penelitian ini menggunakan empat model swing arm dan menggunakan material carbon steel SA-691. Selanjutnya melakukan analisis statik untuk memperoleh nilai nodal, elemen, tegangan von mises dan perubahan struktur. Kemudian analisis dinamika struktur untuk memperoleh grafik FRF (Frequency Response Function). Hasil analisis statik diperoleh tekanan bidang atau tegangan von mises maksimum terbesar 134,135 MPa dan perubahan struktur sepanjang 0,268569 mm pada model A. Analisis dinamika struktur diperoleh grafik FRF (Frequency Response Function) dengan nilai respon dinamik paling baik pada model D. Hasil analisis statik pada model modifikasi diperoleh tegangan von mises maksimum 59,7724 MPa dan perubahan struktur 0,371816 mm. Grafik FRF yang diperoleh pada analisis respon frekuensi memiliki nilai respon yang mengalami sedikit perubahan, sehingga model modifikasi lebih optimum dibandingkan keempat model standar.
References
2. Benham, P.P., R.J. Crawford, Mechanical Of Engineering Material, New York: John Wiley & Sons, Inc., 1981.
3. Berlianty, Intan, M. Arifin, Teknik- Teknik Optimasi Heuristik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2001.
4. D. Cook, Robert, Konsep dan Aplikasi Metode Elemen Hingga, Madison: John Wiley & Sons Inc., 1981.
5. Desai, C.S., Dasar-Dasar Metode Elemen Hingga, Jakarta: Erlangga, 1996
6. Ewins, D.J, Modal Testing: Theory and Practice, New York: John Wiley & Sons Inc., 1995.
7. He, Jimin, Zhi-Fang Fu, Modal Analysis, Oxford: Buttcrworth- Heincmann, 2001Robinson, John, Motor Cycle Chassis, Woburn: MGP Book, Lth., 2001.
8. Hornlund, Mats, Alexander Papazoglu, Analysis and Measurements of Vihicle door structural, Desertasi Division of structural Mechanics, LTH., Lund University, Lund: KFS, 2005.
9. Liu, Yijun, Lecture Note: Introduction to The Finite Element Method, Cincinnati : CAE Mechanical Engineering Dept. University of Cincinnati, 2003Susatio, Yerri, Dasar-Dasar Metode Elemen Hingga, Yogyakarta : Andi, 2004.
10. Moaveni, Saeed, Finite Element Analysis Theory and Application with ANSYS, New Jersey: Prentice- Hall, 1999.
11. M. Gere, James, Stephen P.T., Mekanika Bahan Jilid 1. terj. Bambang S., Jakarta: Erlangga, 2000
12. Msc. Software Corp., Interpase to Msc. Nastran Preferance Guide Volume I: Structural Analysis, Santa Ana: 2 Mac Arthur Place., 2010.
13. Msc. Software Corp., Patran 2010 User Guide, Santa Ana: 2 Mac Arthur Place., 2010.
14. Nugroho, Amin, Ensiklopedi Otomotif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
15. Prasetya, Hery, Fitri Lukiastuti, Manajemen Operasi, Yogyakarta: Med Press, 2009.
16. Sularso, Kiyokatsu Suga, Dasar- Dasar Perencanaan dan Pemeliharaan Elemen Mesin, Bandung: PT. Pradnya Paramita, 1978.