PERANCANGAN DESAIN VELG SEPEDA MOTOR HYBRID DAN PENGUJIAN DISTRIBUSI BEBAN DENGAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR

Authors

  • Eko Arif Syaefudin Universitas Negeri Jakarta
  • Imam Basori Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JKEM.1.1.3

Keywords:

Desain Velg, Sepeda Motor Hybrid, Software Autodesk Inventor

Abstract

Sepeda motor hybrid merupakan salah satu solusi alternatif saat ini dalam mengatasi keterbatasan bahan bakar minyak yang tidak dapat diperbaharui. Hybrid adalah teknologi yang menggabungkan dua atau lebih tenaga penggerak dalam satu kendaraan. Sepeda motor hybrid ini menggunakan dua macam tenaga penggerak yaitu mesin berbahan bakar minyak dan motor listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi teknologi hybrid agar bisa digunakan pada sepeda motor. Dalam menerapkan sepeda motor hybrid ini, diperlukan beberapa perubahan komponen, salah satu diantaranya adalah velg. Perubahan velg ditujukan agar motor listrik sebagai penggerak sepeda motor dapat dimasukkan ke dalam velg. Desain velg ini sangat penting agar perubahan velg ini bisa diaplikasikan pada sepeda motor yang telah digunakan masyarakat. Desain tersebut dibuat menjadi dua tipe, yaitu velg jari-jari (spoke wheel) dan velg racing (cast alloy wheel) yang berdiameter 17 inci dan digunakan untuk sepeda motor jenis moped (bebek). Pembuatan desain velg ini menggunakan software Autodesk Inventor. Dalam program Autodesk Inventor, meliputi fitur untuk desain 3 dimensi dan 2 dimensi. Model dan dimensi juga dapat dibuat secara akurat dan tepat, sehingga ketika akan dianalisis dapat menghasilkan data yang tepat. Velg yang dibuat adalah jenis velg jari-jari dan velg racing dengan perbedaan variasi tiap velg. Desain velg ini kemudian diuji untuk mengetahui kekuatan yang dapat ditahan oleh velg jika diberi beban baik dalam keadaan diam (statis) maupun bergerak (dinamis). Beban yang diberikan merupakan beban kendaraan ditambah beban penumpang. Pada pengujian ini beban yang diberikan dalam keadaan statis mulai dari 1.500 N hingga 3.000 N dengan kelipatan 250 N sedangkan untuk pengujian dinamis, beban yang diberikan sebesar 3.000 N dan momen mulai dari 5.000 N.mm hingga 30.000 N.mm dengan kelipatan 5.000 N.mm. Pengujian ini menggunakan software Autodesk Inventor, yang dapat menyesuaikan material tiap komponen sesuai dengan material yang dianjurkan. Dengan menghitung faktor keamanan tiap velg, tegangan luluh (Yield strength) dibagi dengan tegangan Von Mises maksimum, pada pengujian statis, semua velg memiliki faktor keamanan lebih dari 1,0. Pada pengujian dinamis, didapatkan hasil velg jari-jari tipe E dengan jumlah jari-jari 64 buah adalah velg yang tepat digunakan sebagai velg sepeda motor hybrid. Faktor keamanan pada velg tipe E memiliki nilai 1,457. Velg ini menggunakan material steel yang memiliki Yield strength sebesar 207 MPa dan tegangan Von Mises maksimum sebesar 141,999 MPa.

References

Alchazin, Syaiful A.B. Modul Training Autodesk Inventor 2012. Bogor: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, 2011.
Ambiyar. Teknik Pembentukan Pelat Jilid 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Arah Sarana Tbk., Multistrada. Buku Pengetahuan Ban Penumpang. Jakarta: Multistrada Arah Sarana Tbk, 2011.
Djaprie, Sriati. Peningkatan Keuletan Paduan Al yang Ditekan, Ditarik, dan Dirol. Jakarta: Jurnal Universitas Indonesia, 1982.
Effendi, Agus. Pengaruh Beban Dan Tekanan Udara Pada Distribusi Tegangan Velg Jenis Lenso. Jakarta: Jurnal Universitas Gunadharma, 2007.
Firmansyah. Analisis Statik Rangka Motor Hybrid Menggunakan Software Catia V5. Jakarta: Jurnal Universitas Gunadharma. 2007.
Gere, James M. dan Stephen P. Thimosenko. Mekanika Bahan Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1996.
Giancoli, Douglas C. Fisika Edisi Ke 5. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1999.

Jama, Jalius dkk. Teknik Sepeda Motor Jilid 3 SMK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Listijorini, Erny. Pengembangan Teknologi Pengedali Switching pada Kendaraan Hybrid Roda Dua. Surabaya: Jurnal Institut Teknologi Surabaya, 2010.
M.A, Lexy Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif-Edisi Revis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Ngadiyono M.Pd., Yatin. Modul Pembelajaran Autodesk Inventor. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.
Nugraha S.Pd.T., Beni Setya. Chasis Sepeda Motor. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY- Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, 2005.
Pisa, Billy Fernando. Karakteristik Tegangan dan Deformasi Maksimum dengan Berbagai Jumlah Spoke pada Velg Cast Wheel. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2011.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2009.
Rivanto, Robby. Pengaruh Tekanan Ban dan Beban pada Roda terhadap Traksi Maksimal Roda Penggerak. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2009.
Santoso, Puguh. Analisis Tegangan Statik Pada Rangka Sepeda Motor Jenis Matic Menggunakan Software Catia P3 V5r14. Jakarta: Universitas Gunadharma, 2009.
Seprianto, Dicky. Perancangan Alat Blending/Mixing Menggunakan Perangkat Lunak Cad Autodesk Inventor Professional 2010. Palembang: Jurnal Politeknik Negeri Sriwijaya, 2011.
Setiadi, Riany Chandra. Analisa Tegangan Pada Pressure Vessel Horizontal Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2005.
Shigley, Joseph Edward. Perencanaan Teknik Mesin Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1994.
Supriatna, Budi. Analisa Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor Honda Absolute Revo 2009 dengan Metode FMEA. Jakarta: Universitas Mercubuana, 2011.
UNY, Jurusan Teknik Mesin. Modul 6 Assembly Modelling Fundamental. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2006.
Wasono, Antonius Bowo. Teknik Teknik Grafika dan Industri Grafika Jilid 1 SMK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Downloads

Published

2013-10-24

How to Cite

[1]
E. A. Syaefudin and I. Basori, “PERANCANGAN DESAIN VELG SEPEDA MOTOR HYBRID DAN PENGUJIAN DISTRIBUSI BEBAN DENGAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 1, no. 1, pp. 22–31, Oct. 2013.

Issue

Section

Articles