PENGARUH PERUBAHAN IGNITION TIMING TERHADAP KINERJA MESIN SEPEDA MOTOR AUTOMATIC 115CC
DOI:
https://doi.org/10.21009/JKEM.4.1.8Keywords:
Waktu Pengapian (Ignition Timing), Kinerja Mesin, Engine Control Unit (ECU)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perubahan waktu pengapian (ignition timing) terhadap kinerja mesin dalam bentuk daya dan torsi dan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan ECU programmable yang diterapkan pada mesin sepeda motor Automatic 115cc. Pengujian daya dan torsi dilakukan dengan menggunakan dinamometer terhadap sepeda motor dengan 5 variasi waktu pengapian, yaitu waktu pengapian standar (150 Sebelum TMA), 17,5º sebelum TMA, 20º sebelum TMA, 22,5º sebelum TMA dan 25º sebelum TMA. Pengujian konsumsi bahan bakar juga dilakukan terhadap sepeda motor pada tiap-tiap variasi waktu pengapian. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa perubahan waktu pengapian dapat menaikkan kinerja mesin dan menurunkan konsumsi bahan bakar. Waktu pengapian terbaik terjadi pada 17,50º sebelum TMA yang menghasilkan torsi sebesar 14,36 N.m atau mengalami kenaikan 12,5% dari torsi mesin waktu pengapian standar dan daya mesin sebesar 8,6 HP atau mengalami peningkatan sebesar 13,9% dari daya mesin pada waktu pengapian standar. Perubahan waktu pengapian ke 17,50º sebelum TMA juga menurunkan konsumsi bahan bakar menjadi 0,1480 ml/s atau mengalami penurunan 28,95% dari konsumsi bahan bakar pada waktu pengapian standar.
References
BPM. Arends., H. Berenschot. Motor Bensin. Jakarta : Erlangga. 1992.
Manual Book. ECU BRT Juken. Cibinong: PT Bintang Racing Team. 2014
Obert, Edward F. Internal Combustion Engine and Air Pollution. 1973.
Pratam, Rizki Yoga Nur. Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertamax Dan Waktu Pengapian (Ignition Timing) Terhadap Performa Mesin Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Supra X 125cc Tahun 2008. Universitas Negeri Surabaya. 2014.
Sugiarto Bambang, dkk. Analisa Kinerja Mesin Otto Berbahan Bakar Premium Dengan Penambahan Aditif Oksigenat Dan Aditif Pasaran. Universitas Indonesia. 2007.
Ir. Philip Kristanto, Motor Bakar Torak “Teori dan Aplikasinya”, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2015