ANALISIS AERODINAMIK PADA BODI KENDARAAN LISTRIK TYPE CITYCAR UNTUK LINGKUNGAN KAMPUS

Authors

  • Ari Ekoprianto

DOI:

https://doi.org/10.21009/JKEM.3.3.2

Keywords:

Aerodinamik, Kendaraan Listrik, CFD

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menekan pemborosan energi pada suatu kendaraan adalah dengan mendesain bentuk kendaraan yang aerodinamis. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa aerodinamik pada konsep rancangan bodi kendaraan roda 4 bertenaga listrik berkapasitas 4 (empat) orang yang memiliki gaya hambat udara (drag) terendah. Bagian kendaraan yang dianalisa adalah sudut kap mesin (bonnet), sudut kaca depan (windshield), kelengkungan atap dan sudut bagian belakang kendaraan. Pemilihan kombinasi bagian yang menghasilkan gaya hambat udara (drag) terendah menggunakan metode ortogonal selanjutnya bentuk tersebut dibuat model digital untuk selanjutnya dianalisa dengan menggunakan perangkat lunak Computational Fluid Dynamics (CFD). Disimulasikan model kendaraan listrik berjalan pada kecepatan 30 km/h, 35 km/h, 40 km/h, 45 km/kam dan 50 km/h. Dimensi optimal untuk menghasilkan gaya hambat (drag) terendah adalah kap mesin dengan sudut kemiringan 10 derajat, kaca depan (windshield) dengan sudut kemiringan 65 derajat, konveksitas atap 1/10 dan sudut kemiringan bagian belakang kendaraan 10 derajat, pada kecepatan 50 km/jam menghasilkan gaya hambatan sebesar 297,22 kg.m/s2.

References

Budyi Suswanto dan Nurida Finahari. 2013, Studi Pengaruh Model Mobil dan Variasi Kecepatan Angin Terhadap Gaya Drag, Widya Teknika Vol.20 No.l : 14-19.

Bruce R, Munson, Donald F. Young, Theodore H. Okiishi and Wade W. Huebsch, 2009, Fundamentals of Fluid Mechanics, John Wiley & Sons, Inc.

D. Ramasamy, K. Kadirgama, A.K. Amirruddin and M.Y. Taib, 2010, A Vehicle Body Drag Analysis, Using Computational Fluid Dynamics, National Conference in Mechanical Engineering Research and Postgraduate Students: 342-353



Dr. Herminarto Sf dan Gunadi, S.Pd. 2004, Perancangan Bodi Kendaraan, Jurusan Pendidikan Teknik, Fakultas Teknik UNY.

Prof. Ir. I Nyoman Sutantra, M.Sc.,Ph.D. dan Dr. Ir. Bambang Sampurno, MT. 2010, Teknologi Otomotif, Penerbit Guna Widya, Surabaya, Indonesia.

Soejanto, Irwan, 2009, Desain Eksperimen dengan Metode Taguchi, Graha Ilmu.

J. Brazek, 2001, Computational Fluid Dynamics: Principle and Application. Alstom Power Ltd. Baden-Daetwil, Switzerland.

Klaus A, Hoffmann and Steve T. Chiang, 2000, Computational Fluid Dynamics volume I, Engineering Educations System, Wichita, Kansas, USA.

Kogilan A/L Govindasamy, 2009, Design and Analysis of a Rear Wheel Cover for a Car using Computational Fluid Dynamic (CFD), Faculty of Mechanical Engineering Universiti Malaysia Pahang.

Li-Xin Guo, Yi-Min dan Wei-Jun Shen. 2011. Simulation Analisys of Aerodynamics Characteristics of Different Two-Dimensional Automobile Shape. Journal of Computer Vol. 6. No. 5: 999-1005.

Lorenzo Morello, Lorenzo Rosti Rossini, Giuseppe Pia and Andrea Tonoli, 2011, The Automotive Body, volume I: Component Design, Springer.

Lorenzo Morello, Lorenzo Rosti Rossini, Giuseppe Pia and Andrea Tonoli, 2011, The Automotive Body, volume II: System Design, Springer

Downloads

Published

2016-10-27

How to Cite

[1]
A. Ekoprianto, “ANALISIS AERODINAMIK PADA BODI KENDARAAN LISTRIK TYPE CITYCAR UNTUK LINGKUNGAN KAMPUS”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 3, no. 3, pp. 125–130, Oct. 2016.

Issue

Section

Articles