Pengembangan Buku Hypercontent untuk Mata Kuliah Evaluasi Program di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNJ

Authors

  • Mulyadi Universitas Negeri Jakarta
  • Retno Widyaningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Kunto Imbar Universitas Negeri Jakarta
  • Acep Ahmad Ardiansyah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.062.05

Keywords:

pengembangan, hypercontent, evaluasi program, buku, model rowntree

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku hypercontent untuk mata kuliah Evaluasi Program di Prodi TP FIP UNJ. Pengembangan ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan peneliti yaitu masih kurangnya referensi sumber belajar mahasiswa pada mata kuliah Evaluasi Program khususnya di prodi TP FIP UNJ. Pengembangan buku hypercontent ini mengacu pada model pengembangan produk menurut Rowntree. Model Rowntree merupakan sebuah model yang di desain untuk menghasilkan sebuah bahan ajar tertentu. Menurut Rowntree dalam pengembangan bahan ajar terdapat tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, dan tahap penulisan dan penyuntingan. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif dengan melibatkan dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media serta pengguna yaitu mahasiswa prodi TP FIP UNJ. Pada penelitian pengembangan tahap 1 ini menghasilkan prototipe Buku Hypercontent Evaluasi Program yang terdiri dari 11 bab dan 314 halaman yang disajikan dalam bentuk cetak dengan menggunakan spesifikasi sampul soft cover dan kertas paper book.

 

Abstract

This development research aims to produce a product as a hypercontent book for the Program Evaluation course in the TP FIP UNJ. This development was carried out based on the results of the researcher's observations, namely the need for reference learning resources for students in the Program Evaluation course, especially in TP FIP UNJ. The development of this hypercontent book refers to the product development model, according to Rowntree. The Rowntree model is a model designed to produce a particular teaching material. According to Rowntree, there are three stages in developing teaching materials: the planning stage, the writing preparation stage, and the writing and editing stage. This study used formative evaluation by involving two experts, material experts and media experts, and users, namely TP FIP UNJ students. This phase 1 development research produced a prototype of the Program Evaluation Hypercontent Book consisting of 11 chapters and 314 pages presented in printed form using soft cover specifications and paper book paper.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Mulyadi, Widyaningrum, R., Imbar Nursetyo, K. ., & Ardiansyah, A. A. (2023). Pengembangan Buku Hypercontent untuk Mata Kuliah Evaluasi Program di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNJ . Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(2), 32–38. https://doi.org/10.21009/JPI.062.05

Most read articles by the same author(s)

> >>