Model Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika Siswa SMA

Authors

  • Eko Swistoro Warimun Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unib, Jl. WR. Supratman, Bengkulu
  • Astuti Murwaningsih SMA Negeri 4 Kota Bengkulu, Jl. Zainul Arifin, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.21009/1.01115

Abstract

Abstract
The aim of the research was to know the improvement of concept understanding and physics generic skills of grade XII IPA 1 students in SMA Negeri 4 in Bengkulu City through Inductive Instruction Model for subject matter electromagnet. Metodology of this research is one group pretest-posttest design. The number of sampel is 32 student for the experiment class. Research data were collected by using paper and pencil test (pretest and posttest), physics generic skill test, and responses questionaire about the instruction model. Result of the research show that: 1) the instruction model can be increases the students’ concept understanding with N-gain is 0.67; 2) N-gain for physics generic skill is 0.67 for high group, 0.55 for medium group , and 0.46 for low group; and 3) Student were given good responses about the inductive instructional model.
Keywords: Inductive Instructional Model, Concept Understanding, Physics Generic Skills
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika siswa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran Induktif pada materi listrik-magnet, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran model induktif. Penelitian dilakukan di kelas XII IPA1 (n = 32 orang). Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design.Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep dan tes keterampilan generik Fisika, serta angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep yang diberikan dengan Ngain sebesar 0,67 (sedang). Peningkatan keterampilan generik fisika memberikan Ngain sebesar 0,67(sedang) untuk kelompok atas, 0,55 (sedang) untuk kelompok menengah, dan 0,46 (sedang) untuk kelompok bawah. Pembelajaran dengan model induktif mendapat tanggapan yang positif dari siswa.
Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Induktif, Pemahaman Konsep, Keterampilan Generik Fisika

Downloads

Published

2015-06-30

How to Cite

Warimun, E. S., & Murwaningsih, A. (2015). Model Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 105–110. https://doi.org/10.21009/1.01115