PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK TAMAN KANAK- KANAK DI DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPUD.111.02Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen perkembangan anak Taman Kanak-Kanak (TK). Penelitian ini dilaksanakan di Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta, melibatkan tiga TK. Metode penelitian yang dilakukan padaTahap 1 (tahun ke-1) pertama adalah model pengembangan (research and development) dengan melakukan uji coba pada kelompok kecil mengenai penggunaan model asesmen perkembangan anak Taman Kanak-Kanak. PadaTahap 2 (tahun ke-2) juga menggunakan model yang sama tetapi dengan melakukan uji coba pada kelompok yang lebih besar di lima TK di DKI Jakarta. Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berupa format: anecdotal record, time sampling, checklist, dan penggunaan alat teknologi untuk merekam data. Data tersebut akan dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi untuk kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji coba pertama menunjukkan bahwa guru TK dapat menggunakan model asesmen perkembangan anak secara tepat dan komprehensif. Guru juga mampu melaporkan asesmen perkembangan anak kepada orangtua berdasarkan hasil tersebut.
Keywords : Asesmen, perkembangan anak, taman kanak-kanak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/)