Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRPK.141.01Keywords:
Emodul, Pendekatan Saintific, Tatanama Senyawa Kimia, Persamaan ReaksiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berupa modul elektornik berbasis pendekatan saintifik pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kimia kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yang meliputi tahap analisis (Analyze), tahap perancangan produk (Design), pengembangan produk (Develop), implementasi produk (Implement), dan evaluasi akhir pada produk (Evaluate). Rancangan kegiatan pembelajaran pada modul elektronik disusun secara sistematis dan menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik. Hasil validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media menunjukkan hasil sangat baik, yaitu dengan nilai r sebesar 0,67; 0,72; dan 0,67. Pada tahap akhir, hasil uji coba produk oleh peserta didik dan guru juga menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata presentase skor 90,3% dan 95,4%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kimia yang dikembangkan memperoleh interpretasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran kimia.