Google Classroom dan Zoommeeting: Alternatif Platform Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Jepang Pelajar Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Rengat TP 2020/2021

Penulis

  • Maya Indah Wahyuni SMAN 1 RENGAT

Kata Kunci:

distance learning, googleclassroom, zoommeeting, Japanese writing

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kemampuan menulis bahasa Jepang siswa kelas XI IPA 1 pada SMAN 1 Rengat selama kegiatan pembelajaran jarak jauh menggunakan platform googleclassroom dan zoommeeting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan durasi 60 menit setiap pertemuannya dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan kemampuan menulis bahasa jepang siswa kelas XI IPA. Pada proses pembelajaran siklus I menggunakan googleclassroom sehingga siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dan 28 orang tidak tuntas. Sementara itu perolehan nilai tertinggi 81,29 sebanyak satu orang siswa, nilai terendah yaitu 24,84. Pada siklus II, proses pembelajaran menggunakan googleclassroom dan  zoommeeting. 22 siswa mencapai ketuntasan dan 14 siswa tidak tuntas. Untuk perolehan nilai tertinggi 90,32 sebanyak satu siswa, nilai terendah yaitu 40, 55 juga satu siswa.  Berdasarkan data angket yang disebarkan kepada siswa, pembelajaran jarak jauh tidak seefektif belajar tatap muka karena saat guru menjelaskan sinyal internet tiba-tiba hilang, peningkatan kemampuan bahasa Jepang tidak maksimal, banyak materi yang kurang dimengerti karena waktu belajar terbatas namun penggunaan zoommeeting dapat membantu penyampaian materi lebih baik daripada penggunaan googleclassroom. Jadi, penggunaan platform googleclassroom dan zoommeeting selama pembelajaran jarak jauh dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis bahasa Jepang siswa.

Referensi

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.
Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3) https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Cici, Iramayu dan Putri, Meira Anggia (2021). Kemampuan Hiragana Siswa Kelas XI SMAN 2 Sungai Limau. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Jepang III (Minasan III), 18 September 2021 hal. 29-40. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37462
Ernawati, Ni Putu Eka. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja. Stilistika Volume 9, Nomor 1, November 2020 hal 92-106 ISSN P 2089-8460 ISSN E 2621-3338 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/960/785 Doi: 10.5281/zenodo.4295628
Lubis, Winaria.(2022). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dimasa Pandemi Covid19. Bahastra Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 5 No.1 September 2020. Hal 132- 141. https://jurnai.uisu.ac.id/index.php/Bahastra.
Maleong,J.Lexi.(2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung
Panditung, Afnan Raynold, dkk. (2020). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid 19 di Tingkat SMA. Edudikara: Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 4 Desember 2020 hal 231-240. www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/edukara
Rasiban, Linna Meilia, dkk.(2020). Kesiapan Guru Sma Bahasa Jepang Dalam Penguasaan Media Pembelajaran Daring Berbasis HOTS . PROSIDING SEMNAS PPM 2020: Inovasi Teknologi dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19 hal.1113- 1119.
Rosiah,Rosi dan Machawan, Arsyil Elensyah Rhema. (2022). Pelatihan Percakapan Bahasa Jepang Melalui Media Video dalam Pembelajaran Daring di SMK Kesehatan Sadewa. JCES (Journal of Character Education Society) http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES. Vol. 5, No. 1, Januari 2022, hal. 1-10 E-ISSN 2614-3666 P-ISSN 2715-3665 https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.6664
Salim, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum Dan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah). Medan:Perdana Publishing, hal. 23.
Sutedi, Dedi. (2018). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora
Tubagus, Munir. (2021). Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh Kajian Teoritis dan Inovasi. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia
Utami, Ni Made Sida dkk.(2021). Profil Pembelajaran Berbasis Daring Dalam Pelajaran bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI bahasa di SMA N 2
Banjar. Jurnal Pendidikan bahasa Jepang Undiksa Vol. 7 No.1 (2021) e- ISSN: 2613-9618.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/31878.
Wijaya, Devi Yanti. (2021) Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting dalam MenunjangPelaksanaan Pembelajaran PPKn Selama Masa
Pandemi Covid-19 pada Kelas Xii APHP1 SMKNWongsorejo. Vol 12 No 2, Oktober 2021P ISSN:2085-0018E-ISSN: 2722-8339 hal. 288-305. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/index
Wina Sanjaya.(2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Media Group, hal. 13-14.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung : UPI PRESS dan Rosda
Karya.
Zulaeha, Ida, dkk.(2021). Bahasa Sastra dan Pembelajarannya Dalam Masa Pandemi Covid-19.Semarang: LPPM UNES

Diterbitkan

2022-12-09