The Urgency of Climate Change-Based Education For Sustainable Development

Authors

  • Juwintar Febriani Arwan Arwan Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Pendidikan Berbasis Perubahan Iklim, Pembangunan Berkelanjutan

Abstract

Pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals memuat salah satu tujuan yakni terkait dengan perubahan iklim. Hingga pada saat ini, urgensi perubahan iklim menjadi sorotan utama dunia karena berdampak pada setiap aspek keberlanjutan hidup manusia. Perubahan iklim dapat memberikan dampak yang bahkan berpengaruh pada keseluruhan sektor dan keseimbangan kehidupan global. Di sinilah peran pendidikan untuk mempersiapkan dan memanusiakan manusia agar dapat memahami perannya serta mengembangkan kompetensinya untuk kehidupan berkelanjutan. Pendidikan berbasis iklim yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan seharusnya diperluas dalam semua aspek mata pelajaran termasuk pada kurikulum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan hasil tinjauan studi pustaka. Dalam penelitian ini membahas terkait urgensi pendidikan berbasis pembangunan berkelanjutan, keterkaitan antara pendidikan pembangunan berkelanjutan pada pendidikan berbasis perubahan iklim, serta penelitian yang telah berhasil mengembangkan kurikulum berbasis perubahan iklim.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Arwan, J. F. A. (2022). The Urgency of Climate Change-Based Education For Sustainable Development. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 22(02), 23–38. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/plpb/article/view/25773