Systematic Literature Review: Analisis Collaborative Governance Dalam Program Adiwiyata Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.21009/plpb.v24i02.32857Keywords:
Collaborative Governance, pendidikan lingkungan, program Adiwiyata sekolah, systematic literatur reviewAbstract
Adiwiyata Sekolah merupakan bentuk komitmen pemerintah melalui pendidikan, terhadap pengelolaan dan perlindungan lingkungan melalui kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 diterjemahkan menjadi program sekolah Adiwiyata, dan telah berganti dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.52/Menlhk/Setjen/Kum.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Tujuan penelitian ini, untuk melihat bentuk kolarasi yang dilakukan sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah dan berbagai pihak, dalam mencapai tujuan adiwiyata sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (meta-analisis), dengan metode Sistematik Literature Review. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tinjauan pustaka, dengan menggunakan database google scholar dan menggunakan aplikasi publish or perish, reference manager mendeley. Hasil penelitian ini yaitu, diketahui bentuk kolaborasi antara berbagai pihak, serta peran-peran dalam pelaksanaan program adiwiyata. Sehingga, tercapainya sikap sadar lingkungan pada seluruh warga sekolah, sebagai upaya untuk menanggulangi kerusakan lingkungan.