PRO ECOLOGY BEHAVIOR SISWA DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL (Di Madrasah Aliyah Negeri 6 Jakarta Timur)
DOI:
https://doi.org/10.21009/plpb.v20i01.9822Keywords:
: locus of control, instructional leadership, ecological behaviorAbstract
pro ecology behavior diartikan sebagai perilaku seseorang yang berkontribusi secara nyata dalam melindungi lingkungan dan seminimal mungkin merugikan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control, kepemimpinan instruksional terhadap pro ecology behavior siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa pada Madrasah Aliyah Negeri 6 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yaitu dengan menyebarkan instrumen penelitian masing-masing variabel. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan korelasional. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Deskripsi masing – masing variabel disajikan dalam bentuk skor rata – rata, nilai minimum, nilai maksimum, standar deviasi, varians dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepemimpinan instruksional terhadap pro ecology behavior siswa MAN 6 Jakarta Timur