PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nanda Saputra STIT Al-Hilal Sigli Aceh
  • Jasiah STIT Al-Hilal Sigli, IAIN Palangkaraya, Universitas Negeri Semarang
  • Eko Purwanti STIT Al-Hilal Sigli, IAIN Palangkaraya, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

assure learning model, learning outcomes, Indonesian

Abstract

Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa dan rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Sigli?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sigli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Sigli yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa pada masing-masing siklus. Pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata siswa 68,1, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata siswa 75.

Abstract

The main problem in this study is the lack of student interest in learning and the low learning outcomes of Indonesian. The formulation of the problem in this study is whether the assure learning model can improve the learning outcomes of fourth grade students of SDN 2 Sigli ?. This study aims to determine the application of the assure learning model to improve learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 2 Sigli. This type of research is a classroom action research (PTK) which is carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. The research subjects were the fourth grade students of SDN 2 Sigli, totaling 22 students. Data collection techniques in this study were tests, observation, documentation and interviews. The results of this classroom action research indicate that the application of the assure learning model can improve student learning outcomes. This can be seen from the scores obtained by students in each cycle. In the first cycle, the students 'average score was 68.1, while in the second cycle, the students' average score was 75.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Saputra, N., Jasiah, & Purwanti, E. . (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-275 - SNPPM2020P-285. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19661

Similar Articles

<< < 17 18 19 20 21 22 

You may also start an advanced similarity search for this article.