DIGITALISASI RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA INGGRIS TERINFUSI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS MICROLEARNING KE DALAM VIRTUAL REALITY BAGI GURU SMP KABUPATEN AGAM

  • Siti Drivoka Sulistyaningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Ratna Dewanti Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
  • Ifan Iskandar Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Sumarni Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
  • Rizdika Mardiana Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
  • Atika Herawati Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
  • Rizky Syahra Putri Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: critical thinking, english speaking learning materials, microlearning, VR, berpikir kritis, materi pembelajaran berbicara Bahasa Inggris

Abstract

Abstract

The purpose of this community service activity is to assist English teachers for junior high schools (SMP) in West and East Agam Districts, West Sumatra, to be able to digitize English-speaking learning materials by incorporating microlearning-based critical thinking skills into Virtual Reality (VR). This activity is carried out through training and workshops, which are carried out online through Zoom meetings and Google Classroom. The activity was carried out for 2 hours online through a Zoom meeting and 4 meetings through Google Classroom during August 2023. The participants in the activity were 25 English teachers who are members of the Subject Teacher Consultation (MGMP) for Middle School in Agam Regency. The presenters were five lecturers from the Master of English Education study program, Faculty of Languages and Arts Universitas Negeri Jakarta. The training materials cover the independent curriculum concept, microlearning, critical thinking, VR and speaking skills which are tailored to the objectives of teaching English at the junior high school level. This activity generates understanding and skills in making speaking learning material products medium microlearning Objects (MeMos) infused with microlearning-based.

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu guru Bahasa Inggris sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Agam Barat dan Timur, Sumatera Barat, mampu melakukan digitalisasi rancangan pembelajaran berbicara Bahasa Inggris terinfusi keterampilan berpikir kritis berbasis microlearning ke dalam Vitual Reality (VR). Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan dan lokakarya, yang dilaksanakan secara daring (online) melalui zoom meeting dan Google Classroom. Kegiatan dilaksanakan selama 2 jam secara daring melalui zoom meeting dan 4 pertemuan melalui Google Classroom selama bulan Agustus 2023. Peserta kegiatan adalah 25 orang guru Bahasa Inggris yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Kabupaten Agam. Pemateri adalah lima orang dosen dari program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Materi pelatihan mencakup konsep kurikulum merdeka, microlearning, berpikir kritis, VR dan keterampilan berbicara yang disesuaikan dengan tujuan pengajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP. Kegiatan ini menghasilkan pemahaman dan keterampilan dalam membuat produk materi pembelajaran berbicara medium microlearning Objects (MeMos) terinfusi keterampilan berpikir kritis berbasis microlearning ke dalam VR.

Published
2023-10-30
How to Cite
Sulistyaningrum, S. D., Dewanti, R., Iskandar, I., Sumarni, S., Mardiana, R., Herawati, A., & Putri, R. S. (2023). DIGITALISASI RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA INGGRIS TERINFUSI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS MICROLEARNING KE DALAM VIRTUAL REALITY BAGI GURU SMP KABUPATEN AGAM. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023SH-1 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39473