PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN CERITA FIKSI BAGI SISWA DI SMP YPK HEDAM KOTA JAYAPURA

Authors

  • Monika Gultom Universitas Cenderawasih
  • Ruth Naomi Nancy Wompere Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Afner Saut Sinaga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Angela Sani Jurusan Teknik Elektro, Universitas Cenderawasih, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Cerita Fiksi, English Learning, Fictional Story

Abstract

This community service activity aims to introduce English language learning which combines several language skills using fictional stories, considering many English teachers still confused about training students’ listening, reading, listening, understanding and writing skills through the use of fictional stories related to the material, learning activities, and learning methods. Developing the ability to hear, read, pay attention, understand and write what they understand is an ability or skill that is no longer popular, considering the increasing craze of students using gadgets made them interact less with each others. SMP YPK Hedam as a christian school, has students who are still low in language skills even though it is located in Jayapuracity  which is quite advanced in technology. This school has  90% of whom  native Papuan, which makes it the backbone of forming generation of Papuans who are good at hearing, reading, observing, understanding and writing down what they hear or read well in English. This activity was carried out for  one month, including deepening fictional story material that was appropriate to the characteristics and abilitites of students at SMP YPK Hedam, determining various and varied learning activities, and also fun and effective teaching methods for students at SMP YPK Hedam.

Keywords: English Learning, Fictional Story.

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memperkenalkan pembelajaran bahasa Inggris yang memadukan beberapa keterampilan bahasa menggunakan cerita fiksi, mengingat masih banyak guru bahasa Inggris yang kebingungan dalam melatih kemampuan mendengar, membaca, menyimak, memahami, dan menulis peserta didik melalui penggunaan cerita fiksi yang menarik terkait materi, kegiatan belajar, dan metode pembelajarannya. Mengembangkan kemampuan mendengar, membaca, menyimak, memahami dan menulis apa yang dipahaminya merupakan kemampuan atau keterampilan yang tidak populer lagi, mengingat meningkatnya kegandrungan peserta didik dalam menggeluti gadget sehingga kurang berinteraksi dengan sesama. SMP YPK Hedam sebagai sekolah berafiliasi keagamaan yaitu Yayasan Pendidikan Kristen memiliki karakteristik peserta didik yang masih rendah dalam keterampilan berbahasa padahal berlokasi di Kota Jayapura yang sudah cukup maju dalam teknologi dan modernisasi. Sekolah ini memiliki cukup banyak peserta didik 90% orang asli Papua (OAP) yang menjadikannya tulang punggung pembentukan generasi Papua yang berkualitas baik dalam mendengar, membaca, menyimak, memahami, dan menuliskan apa yang didengarnya atau dibacanya tersebut dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan termasuk pendalaman materi cerita fiksi yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan peserta didik di SMP YPK Hedam, penentuan kegiatan belajar yang beragam dan variatif, dan juga metode mengajar yang menyenangkan dan efektif bagi peserta didik di SMP YPK Hedam.

Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, Cerita Fiksi.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Monika Gultom, Ruth Naomi Nancy Wompere, Afner Saut Sinaga, & Angela Sani. (2024). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN CERITA FIKSI BAGI SISWA DI SMP YPK HEDAM KOTA JAYAPURA . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P598-SNPPM2024P615. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/49530

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.