PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lukita Ambarwati Universitas Negeri Jakarta
  • Devi Eka Wardani Meganingtyas Universitas Negeri Jakarta
  • Wimbo Fari Susilo Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

workshop, competency, development, olympiad problem, mathematics

Abstract

Abstract

A workshop to improve the competency of mathematics teacher, especially at the elementary school level, has held online on Saturday, September 05th 2020, 10.00 – 12.00 AM, by using zoom cloud meeting platform. The team of this workshop consists of three people, they are a head, a member, and a college student. The aim of this workshop is to improve the competency of mathematics teacher by using method of developing mathematic problems: type I and type II. The method used in this workshop are telling method, question and answer method, and simulation. The participants seemed enthusiastic in participating in this workshop. After the workshop ended, the team asks the participants to fill the evaluation questionnare. After that, the team asks each participants to do the simulation of the workshop by making mathematics olympiad problems by using the method of developing mathematics problems. It has been studied during the workshop.  The outcomes of this workshop is publication of the recorded meeting of the workshop on YouTube channel, publication of the workshop article on the community service seminar, and the collection of mathematics olympiad problems made by participants. This workshop improves the ability of teachers to make mathematics olympiad problems on elementary school level.

Abstrak

Pengembangan kompetensi guru matematika melalui pelatihan pengembangan soal-soal olimpiade matematika tingkat sekolah dasar diselenggarakan dalam bentuk workshop dalam jaringan (webinar) pada hari Sabtu, tanggal 05 September 2020, pukul 10.00 – 12.00 WIB menggunakan platform zoom cloud meeting. Tim pelaksana terdiri dari tiga orang, yakni ketua, anggota, dan mahasiswa yang terlibat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika dalam mengembangkan soal-soal olimpiade matematika dengan menggunakan metode pengembangan soal olimpiade, yakni tipe I dan tipe II. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan workshop ini. Metode ceramah dan tanya jawab digunakan pada saat pelaksanaan workshop berlangsung. Setelah kegiatan workshop berakhir, peserta diminta untuk mengisi kuesioner evaluasi pelaksanaan workshop dan melakukan simulasi berupa praktik mandiri membuat soal olimpiade menggunakan metode pengembangan soal yang telah dipelajari selama workshop berlangsung. Hasil luaran workshop berupa unggahan video rekaman workshop di YouTube, publikasi artikel kegiatan pada seminar nasional, dan kumpulan soal olimpiade yang dibuat oleh peserta melalui metode pengembangan soal yang telah dipelajari. Dampak kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam membuat soal olimpiade matematika tingkat sekolah dasar.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Ambarwati, L., Meganingtyas, D. E. W., & Susilo, W. F. . (2020). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-308 - SNPPM2020P-317. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19669

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 

You may also start an advanced similarity search for this article.