PERAN APLIKASI GWJ (GRIP WORK JOURNEY) DALAM PEMBELAJARAN TATA KELOLA KANTOR

  • Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta
  • Henry Eryanto Universitas Negeri Jakarta
  • Osly Usman Universitas Negeri Jakarta
  • Susan Febriantina Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Application, Grip Work Jpurney (GWJ), Office Work

Abstract

ABSTRACT

The partner problem is the lack of teachers in understanding and information about ICT-based office applications. Partners also do not yet have an overview to be able to choose the right application to assist office work that is in accordance with the characteristics, requirements, abilities and reliability of the office application. With these partner problems, the solution offered is to provide information related to the relevant application, namely the Grip Work Journey (GWJ) application, then provide the opportunity for participants to get training and assistance in using the GWJ application. The method used in this Community Service (PKM) activity is training in the use of the GWJ application and mentoring by the PKM team. The applications used in this training can be used to assist office work and can also be used as a learning medium for offices in schools. The results obtained are that the activity can run well with the practice of using applications directly with PKM participants so that they can add information and improve teacher understanding regarding ICT-based office applications.

Abstrak

Masalah mitra adalah kurangnya pemahaman dan informasi guru tentang aplikasi perkantoran berbasis TIK. Rekan juga belum memiliki gambaran umum untuk dapat memilih aplikasi yang tepat untuk membantu pekerjaan kantoran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, kemampuan dan kehandalan aplikasi kantoran tersebut. Dengan permasalahan rekanan tersebut maka solusi yang ditawarkan adalah memberikan informasi terkait aplikasi yang bersangkutan yaitu aplikasi Grip Work Journey (GWJ), kemudian memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam menggunakan aplikasi GWJ. Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pelatihan penggunaan aplikasi GWJ dan pendampingan oleh tim PKM. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan ini dapat digunakan untuk membantu pekerjaan kantoran dan juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran perkantoran di sekolah. Hasil yang diperoleh adalah kegiatan dapat berjalan dengan baik dengan praktik menggunakan aplikasi secara langsung bersama peserta PKM sehingga dapat menambah informasi dan meningkatkan pemahaman guru mengenai aplikasi perkantoran berbasis TIK.

Published
2020-12-20
How to Cite
Marsofiyati, Eryanto, H., Usman, O., & Febriantina, S. (2020). PERAN APLIKASI GWJ (GRIP WORK JOURNEY) DALAM PEMBELAJARAN TATA KELOLA KANTOR. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-55 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19747