PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA BAGI DOSEN

  • Maulana Rahman Universitas Samudra
  • Roni Faslah Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta
  • Henry Eryanto Universitas Negeri Jakarta
  • Dedi Purwana Universitas Negeri Jakarta
  • Ponco Dewi Karyaningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Ikhwan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: training, instructional videos, canva, higher education

Abstract

Abstract

Learning situations that are usually done face-to-face and in class now have to be done from home and done through the media, as a result of the pandemic. The problem faced by partners is that lecturers at STIE MBI still have minimal skills in making learning videos, so the solution offered is to provide training in making learning videos that are relatively easy to train through the Canva application. The service implementation method used is training using an introduction, training, evaluation and feedback approach. The results of community service carried out showed that participants had a good understanding of the elements interesting learning videos, increased skills in using ICT in the learning process, and mastery in using the Canva platform as a medium for making learning videos. The success of the implementation of the activities was also shown by the enthusiasm of the participants in participating in the training activities, seen from the active involvement of the participants in asking questions, discussing, and practicing.

 

Abstrak

Situasi belajar yang biasanya dilakukan melalui tatap muka dan dilakukan dikelas kini harus dilakukan dari rumah masing masing dan dilakukan melalui media, sebagai dampak hadirnya pandemi. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra yakni para dosen di STIE MBI, masih memiliki kemampuan yang minim dalam pembuatan video pembelajaran, sehingga solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan video pembelajaran yang relatif mudah dilatihkan yakni melalui aplikasi Canva. Metode pelaksanaan pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dengan menggunakan pendekatan pengenalan, pelatihan, evaluasi serta pemberian umpan balik. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan menunjukkan peserta mendapatkan pemahaman yang baik terkait dengan unsur-unsur video pembelajaran yang menarik, peningkatan keterampilan dalam pemanfaataan TIK dalam proses pembelajaran, dan penguasaan dalam memanfaatkan platform Canva sebagai media dalam pembuatan video pembelajaran. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan juga ditunjukkan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan, dilihat dari keterlibatan secara aktif oleh peserta dalam bertanya, berdiskusi, dan praktik.

Published
2022-12-20
How to Cite
Maulana Rahman, Faslah, R., Marsofiyati, Eryanto, H., Purwana, D., Karyaningsih, P. D., & Ikhwan, M. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA BAGI DOSEN . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-239 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33723