PELATIHAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BAGI GURU SEJARAH SMA KOTA JAYAPURA

  • Susanto T. Handoko FKIP Universitas Cenderawasih
  • Handono Kusumo FKIP Universitas Cenderawasih
Keywords: Development of Higher Order Thinking Skills, History Teacher, Jayapura City

Abstract

Abstract

This training aims to develop higher-order thinking skills for history teachers at the Jayapura City Senior High School. The trainees are 12 teachers with less than 10 years of service. The training methods include: lectures, questions and answers, discussions, making lesson plans and teaching practices. The results of the training show that teachers are able to develop higher order thinking skills in high school. Teacher skills includes:  knowledge related to higher order thinking skills, readiness in preparing history learning tools based on higher order thinking skills, readiness in applying history learning based on higher order thinking skills, and readiness in evaluating the results of history learning based on higher order thinking skills in senior high schools.

 

Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi bagi guru sejarah  SMA Kota Jayapura. Peserta  pelatihan adalah 12 guru yang masa kerja kurang dari 10 tahun. Metode pelatihan berupa:  ceramah, tanya jawab, diskusi, pembuatan RPP dan praktik mengajar. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi di Sekolah Menengah Atas. Keterampilan guru meliputi: pengetahuan terkait keterampilan berpikir tingkat tinggi;  kesiapan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi;   kesiapan dalam menerapkan pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi;  dan kesiapan dalam mengevaluasi hasil pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi. 

Published
2021-12-20
How to Cite
Handoko, S. T., & Kusumo, H. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BAGI GURU SEJARAH SMA KOTA JAYAPURA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021P-11 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25517