PENYULUHAN DAMPAK PENYELAM TERHADAP FISIOLOGI TUBUH PENYELAM BAGI PENYELAM PEMULA DI DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA

  • Abdul Kholik universitas negeri jakarta
  • Drs. Zulham, M.Pd Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Counseling, impact diving, physiology, beginner diver

Abstract

Abstract
Scuba diving is a very fun and healthy recreational diving activity. To get the benefits of diving, divers must also know about the medical aspects of diving activities on our physiology and body such as barotrauma, decompression, bleeding, and others. As we all know that diving is a fun and healthy activity, it turns out that diving also has an unfavorable impact on the physiology of the diver's body. This can happen if diving activities are carried out arbitrarily and not in accordance with the techniques and SOPs that have been determined. The following is the impact of diving on the physiology of the diver's body such as the respiratory system, ears, sinuses and other body problems (bleeding, hyperthermia, hypothermia, decompression).


Abstrak
Scuba diving merupakan kegiatan selam rekreasi yang sangat menyenangkan dan menyehatkan. Untuk mendapatkan manfaat dari penyelaman maka penyelam harus tahu juga tentang aspek medis pada kegiatan penyelaman terhadap fisiologi dan tubuh kita seperti barotrauma, dekompresi, bleeding, dan lain lain. Seperti kita ketahui bersama kegiatan menyelam merupakan akifitas yang menyenangkan dan menyehatkan, ternyata menyelam juga mempunyai dampak yang kurang baik terhadap fisiologi tubuh penyelam. Ini bisa terjadi apabila aktifitas penyelaman di lakukan secara sembarangan dan tidak sesuai dengan teknik serta SOP yang telah di tentukan. Berikut dampak penyelaman terhadap fisiologi tubuh penyelam seperti pada : sistem pernafasan, telinga, sinus dan masalah – masalah tubuh lainnya (pendarahan, hyperthermia, hypothermia, dekompresi).

Published
2022-02-08
How to Cite
Abdul Kholik, & Drs. Zulham, M.Pd. (2022). PENYULUHAN DAMPAK PENYELAM TERHADAP FISIOLOGI TUBUH PENYELAM BAGI PENYELAM PEMULA DI DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021BRL-113 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25693