PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE PADA REMAJA: LITERATURE REVIEW

  • Harli Marlina Puspitasari Universitas Katolik Soegijapranata Semarang
  • Augustina Sulastri Universitas Katolik Soegijapranata Semarang
Keywords: psychological well-being, academic stress, online learning, covid-19 pandemic

Abstract

Abstract

Background: Psychologic well-being is the ability of individuals to accept themself, relationships with other, be independent, be able to control the environment.  In reality, Covid-19 pandemic has brought many changes, include of Education in Indonesia even in the world. Teaching and learning that have been carried out face-to-face, and then now must be switch to online-based learning. Many students struggle during online class, it because of: poor signals, can’t focus on their study, a lot of exercise, also less interaction with friends can make them stress. Objective: This study has purpose to know effect of online learning with academic stress in teenager students. Method: The method used in this study is a systematic literature revies, using online platform using keywords psychologic well-being, academic stress, teenager students. Result: Result of this study is there is connection between psychological well-being and academic stress in teenager students during covid-19 pandemic. Conclusions: Through this study, we hope that teachers also parents can be aware with psychological well-being in their students/kids.

 

Abstrak

Latar belakang: Kesejateraan psikologis atau psycological well-being merupakan kemampuan individu untuk menerima diri apadanya, membentuk hubungan yang erat dengan orang lain, memiliki kemandirian, serta mampu mengontrol lingkungan. Namun nyatanya pandemi Covid-19 yang telah membawa banyak perubahan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang Pendidikan di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Kegiatan belajar mengajar yang selama ini dilakukan secara tatap muka, kini harus beralih menjadi pembelajaran berbasis online. Banyak siswa mengalami kendala ketika pembelajaran online, diantaranya sinyal yang kurang baik, kurang fokus, sulit tidak, kurang berinteraksi dengan teman yang pada akhirnya dapat menimbulkan stress pada anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pembelajaran online terhadap stres akademik pada pelajar remaja. Metode: Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah sistematika literature review, menggunakan platform online dengan kata kunci kesejahteraan psikologi, stress akademik, pelajar remaja. Hasil: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kesejahteraan psikologi terhadap stress akademik pada pelajar remaja di masa pembelajaran online yang berlangsung selama adanya pendemi covid-19. Kesimpulan: Dari hasil penilitian ini diharapkan agar guru maupun orang tua serta wali dapat lebih memperhatikan kesejahteraan psikologi pada anak. 

 

Published
2022-12-20
How to Cite
Puspitasari, H. M., & Sulastri, A. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE PADA REMAJA: LITERATURE REVIEW. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-403 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33413