PENYULUHAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA WARGA DESA BOJONG KONENG KABUPATEN BOGOR

  • Albert Wolter Aridan Tangkudung Universitas Negeri Jakarta
  • Heni Widyaningsih Universitas Negeri Jakarta
Keywords: covid-19, health protocol discipline

Abstract

Abstract 

The transmission rate of Covid-19, which is still quite high, especially in the Jabodetabek area, is a concern to immediately make efforts that can help the community to be vigilant and avoid Covid-19. The lack of awareness and hygiene patterns in the community is one of the factors causing the high transmission of Covid-19. Based on these problems, it is necessary to have socialization efforts in the form of disciplinary counseling activities for the Covid-19 health protocol for residents of Bojong Koneng Kabupaten Bogor village. The health protocol itself consists of 5M, namely wearing a mask, washing hands using soap with running water, maintaining a minimum distance of 1 meter from other people, reducing mobility, and staying away from crowds. 

 

Abstrak

Tingkat penularan Covid-19 yang masih cukup tinggi khususnya di wilayah Jabodetabek menjadi perhatian untuk segera dilakukan upaya yang dapat membantu masyarakat agar waspada dan terhindar dari Covid-19. Masih minimnya tingkat kesadaran dan pola kebersihan masyarakat menjadi salah satu faktor penyebab tingginya penularan Covid-19. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan adanya upaya sosialisasi berupa kegiatan penyuluhan disiplin protocol kesehatan Covid-19 pada warga desa Bojong Koneng Kabuoaten Bogor. Adapun protocol Kesehatan sendiri terdiri dari 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, mengurangi mobilitas dan  menjauhi kerumunan.

Published
2022-12-20
How to Cite
Tangkudung, A. W. A., & Heni Widyaningsih. (2022). PENYULUHAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA WARGA DESA BOJONG KONENG KABUPATEN BOGOR . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022 BRL-72 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33635