PELATIHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN BAGI PENGUSAHA KOPI SRIKANDI PEKON NGARIP KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS

Authors

  • Tahta Herdian Andika Universitas Aisyah Pringsewu
  • Fahlul Rizki Universitas Aisyah Pringsewu
  • Afiska Prima Dewi Universitas Aisyah Pringsewu

Keywords:

writing instructions, administrative journal, article templates, UMKM, Usaha Mikro Kecil Menengah, Kopi Srikandi, pengemasan, pemasaran

Abstract

Abstract

Srikandi Coffee is one of the small industries in Pekon Ngarip, Ulubelu District, Tanggamus Regency, Lampung which was founded by a group of coffee farmers in Ngarip Village. This business has been running for almost 5 years and is quite in demand by the public with a fairly high number of requests, but this business is only running in place and has not experienced significant development, especially since the COVID-19 pandemic has decreased demand from consumers. This community service for the MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) of Kopi Srikandi aims to increase income from the results of developing the production and marketing of Kopi Srikandi. Packaging training at MSME Kopi Srikandi focused on packaging coffee with aluminum foil material which has a better quality level in coffee packaging, making attractive packaging designs, and giving expired packaging. Marketing training at MSME Kopi Srikandi is focused on digital marketing through marketplace platforms, namely Shopee and Tokopedia as well as social media Instagram and Facebook. This community service activity went smoothly and received a positive response from Srikandi coffee farmers. In addition to packaging and digital marketing, the team also helped create a patent for the Kopi Srikandi logo.

 

Abstrak

Kopi Srikandi adalah salah satu industri kecil yang ada di lingkungan Pekon Ngarip Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus Lampung yang didirikan oleh kelompok petani kopi di Pekon Ngarip. Usaha ini sudah berjalan hamper 5 tahun dan cukup diminati oleh masyarakat dengan jumlah permintaan yang cukup tinggi, namun usaha ini hanya berjalan di tempat dan tidak mengalami perkembangan berarti terlebih lagi adanya pandemic covid-19 terjadi penurunan permintaan dari konsumen. Pengabdian kepada masyarakat pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kopi Srikandi ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari hasil pengembangan produksi dan pemasaran Kopi Srikandi. Pelatihan pengemasan di UMKM Kopi Srikandi difokuskan pada pengemasan kopi dengan bahan aluminium foil yang memiliki tingkat kualitas yang lebih baik dalam pengemasan kopi, pembuatan desain kemasan yang menarik, dan pemberian expired pada kemasan. Pelatihan pemasaran di UMKM Kopi Srikandi difokuskan pada pemasaran digital melalui platform marketplace yaitu Shopee dan Tokopedia serta sosial media Instagram dan Facebook. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan lancar dan mendapat respon positif dari petani kopi Srikandi. Selain pengemasan dan pemasaran digital, tim juga membantu membuat hak kekayaan intelektual atas logo Kopi Srikandi.   

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Andika, T. H., Rizki, F. ., & Dewi, A. P. . (2022). PELATIHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN BAGI PENGUSAHA KOPI SRIKANDI PEKON NGARIP KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022EK-159 - SNPPM2022EK-165. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33646

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.