WORKSHOP PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN LITERASI SAINS DI WILAYAH JATINEGARA KAUM

Authors

  • Ferdiansyah Faturachman Achmad Universitas Negeri Jakarta
  • Febriana Yunhas Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Marliana Candra Kartika Universitas Negeri Jakarta
  • Rania Virda Sukmaningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Ridha Octa Alhuriyyah Azzahra Universitas Negeri Jakarta
  • Iwan Sugihartono Universitas Negeri Jakarta
  • Jaja Jamaludin Universitas Bosowa
  • Achmad Ainul Yaqin Universitas Negeri Jakarta
  • Jack Luhukay CV Jyotis Cemerlang

Keywords:

community service, KKN, workshops, scientific literacy, science and technology literacy, Jatinegara Kaum

Abstract

Abstract
Based on the 2018 Programme for International Student Assessment (PISA) report, Indonesia received an average PISA index score of 396 in the field of science and was ranked 71st out of 79 countries. It proves that the scientific literacy skills of Indonesian children need to be improved. Therefore, the Team of Community Service Integrated Kuliah Kerja Nyata (KKN) of the State University of Jakarta held a workshop for elementary school teachers in the Jatinegara Kaum with the topic "Improving Science and Technology Literacy in the Learning Process". The workshop aims to improve scientific and technological literacy at the elementary school level through science teachers in the Jatinegara Kaum. This workshop was attended by 25 participants, who were then asked to fill out a questionnaire containing feedback on the implementation of the workshop and opinions on the implementation of science learning in schools. The results indicate that 64% of participants strongly agree that the workshop is helpful for teachers in improving scientific literacy and that learning media significantly influences scientific literacy. However, the lack of media and learning facilities is the main obstacle teachers face in teaching and learning science at the elementary school level in the Jatinegara Kaum.

 

Abstrak
Berdasarkan laporan Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018 Indonesia mendapatkan skor rata-rata capaian indeks PISA di bidang sains sebesar 396 dan menduduki peringkat ke-7 dari 79 negara. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan literasi sains anak-anak Indonesia perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, Tim Pengabdian kepada Masyarakat terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Jakarta mengadakan workshop untuk guru tingkat sekolah dasar di wilayah Jatinegara Kaum dengan topik ”Peningkatan Literasi Sains dan Teknologi dalam Proses Pembelajaran”. Tujuan dari workshop tersebut untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan literasi sains dan teknologi di tingkat sekolah dasar melalui guruguru sains di wilayah jatinegera kaum. Workshop ini dihadiri oleh 25 partisipan yang kemudian diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi feedback tentang pelaksanaan workshop dan pendapat tentang implementasi pembelajaran sains di sekolah. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa sebesar 64% partisipan sangat setuju bahwa workshop bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan literasi sains dan media pembelajaran turut berpengaruh besar dalam meningkatkan literasi sains. Namun, kurangnya media dan sarana pembelajaran menjadi kendala utama yang dihadapi oleh para guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sains pada tingkat sekolah dasar di wilayah Jatinegara Kaum

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Faturachman Achmad, F., Yunhas Putri, F. ., Candra Kartika, M. ., Virda Sukmaningsih, R. ., Octa Alhuriyyah Azzahra, R. ., Sugihartono, . I., … Luhukay, J. . (2022). WORKSHOP PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN LITERASI SAINS DI WILAYAH JATINEGARA KAUM. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-201 - SNPPM2022P-212. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33704

Similar Articles

<< < 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.