PENINGKATAN KINERJA DAN TATA KELOLA MGMP KETENAGALISTRIKAN DENGAN MEMANFAATKAN FLATFORM BERBASIS ONLINE

  • Muksin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
  • Daryanto Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
  • Faried Wadjdi Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
Keywords: MGMP management, governance, online platform, swot analysis

Abstract

Abstract

This community service activity purpose to find out the problems in the subject teachers' meeting organization (MGMP) in the field of electricity expertise in governance in management. In addition, this activity also aims to find out what obstacles and efforts are made by MGMP in carrying out activities in a pandemic situation. The results of observations of several problems related to governance, namely: (1) there is no governance model that can be used as a reference for management to work; (2) the core and supporting programs have not been planned. So that during this activity only carry out assignments from the Education office and have not touched the needs of electricity teachers. Therefore, the method used in this activity to solve MGMP governance problems includes assistance which includes training as a pattern and strategy in solving problems in the electricity MGMP. The strategy used to solve this is the use of online platforms and SWOT analysis training to identify problems and problems in the organization. The results obtained in this activity include: (1) governance management by utilizing one of the document-based online platforms, namely Microsoft Teams. Microsoft team is used for effective work between administrators in completing bold documents. Meanwhile, SWOT analysis training to explore and self-evaluate as well as identify problems and solutions. In addition, the SWOT analysis is also used to support the preparation of the Articles of Association and Bylaws (AD/ART). The estuary of this activity is the effectiveness and efficiency of the management and performance of the electricity MGMP, so that it has an impact on the loyalty and confidence of the MGMP management in managing the organization.

 

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan di organisasi Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) bidang keahlian ketenagalistrikan dalam tata Kelola dalam kepengurusan. Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala dan upaya apa saja yang dilakukan MGMP dalam melaksanakan kegiatan dalam situasi pandemik. Hasil observasi ditemukan beberapa permasalahan yang terkait dengan tata Kelola, yaitu: (1) belum adanya model tata Kelola yang menjadi rujukan kepengurusan untuk bekerja; (2) belum terencananya program inti dan penunjang. Sehingga kegiatan selama ini hanya melaksanakan berdasarkan penugasan dari dinas Pendidikan dan belum menyentuh kepada kebutuhan guru guru ketenagalistrikan. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam kegiatan ini untuk menyelesaikan permasalahan tata Kelola MGMP diantaranya adalah pendampingan yang didalamnya termasuk pelatihan-pelatihan sebagai pola dan startegi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di MGMP ketenagalistrikan. Strategi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalah adalah pemanfaatan flatform Online dan pelatihan analisis SWOT untuk menemukenali Permasalahan dan kesenangan di organisasi. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini diantaranya adalah: (1) manajemen tata Kelola dengan memanfaatkan salah satu Flatform online berbasis dokumen yaitu Microsoft Teams. Microsoft teams digunakan untuk efektifitas kerja antara pengurus dalam menyelesaikan pekerjaan menyelesaikan dokumen secara daring. Semenatar itu, pelatihan analisis SWOT untuk menggali dan evaluasi diri sekaligus menemukenali permasalahan dan jalan keluarnya. Selain itu analisis SWOT digunakan juga untuk mendukung dalam penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Muara dari kegiatan ini adalah efektifitas dan efisiensi tata kelola dan kinerja MGMP ketenagalistrikan, sehingga berdampak pada loyalitas dan keyakinan  pengurus MGMP dalam mengelola organisasi.    

Published
2021-12-20
How to Cite
Muksin, Daryanto, & Wadjdi, F. (2021). PENINGKATAN KINERJA DAN TATA KELOLA MGMP KETENAGALISTRIKAN DENGAN MEMANFAATKAN FLATFORM BERBASIS ONLINE. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021P-115 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25555