PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA CABANG OLAHRAGA BELADIRI DI KOTA CILEGON

  • Masnur Ali Universitas Negeri Jakarta
  • Uzizatun Maslikah Qory
  • Jumrotul Aqobah
Keywords: perawatan cidera, prevention training, injury care, pelatihan pencegahan

Abstract

Abstract

The aim of this Community Service Program is to provide training to trainers regarding the prevention and treatment of injuries in the Martial Sports branch of Trainers at KONI Banten. The method of carrying out activities is by instructors who come from academics and practitioners who are competent in their fields. Meanwhile, the material that will be provided in carrying out community service consists of: 1) carrying out a pre-test, 2) Providing basic material which includes: human anatomical and physiological structure, stages in training, muscles that need to be strengthened to minimize injury. ; 3) Provide practical material: Skills in injury prevention and care; 4) Carry out theoretical and practical evaluations. The objectives of this activity are: 1) As an effort to increase knowledge, understanding and skills among the public regarding the prevention and treatment of sports injuries; 2) as an effort to improve the quality and human resources and minimize the occurrence of injuries to athletes.

 

Abstrak

Tujuan pada Program Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada para pelatih terkait pencegahan dan perawatan cidera cabang Olahraga Beladiri kepada Pelatih di KONI Banten. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan metode instruktur yang berasal dari akademisi dan praktisi yang sudah berkompeten dibidangnya. Sedangkan materi yang akan diberikan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari : 1) melaksanakan pre-test, 2) Memberikan materi pokok yang meliputi: struktur anatomi dan fisiologi manusia, tahapan-tahapan dalam Latihan, otot-otot yang perlu dikuatkan untuk meminimalisir cidera; 3) Memberikan materi praktek: Keterampilan pada pencegahan dan perawatan cidera; 4) Melaksanakan evaluasi secara teoritis dan praktek. Tujuan kegiatan ini adalah: 1) Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat terkait pencegahan dan perawatan cidera olahraga; 2) sebagai upaya meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia dan meminimalisir akan terjadinya cidera pada atlet.

Published
2023-10-30
How to Cite
Masnur Ali, Uzizatun Maslikah Qory, & Jumrotul Aqobah. (2023). PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA CABANG OLAHRAGA BELADIRI DI KOTA CILEGON. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-457 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39326