PELATIHAN OLAHRAGA TRADISIONAL KEPADA GURU DI KOTA CILEGON

  • Hartman Nugraha Universitas Negeri Jakarta
  • Hernawan Universitas Negeri Jakarta
  • Masnur Ali Universitas Negeri Jakarta
Keywords: training, application of traditional games

Abstract

Abstract

The purpose of the outreach program to the community is to provide training to teachers regarding traditional game learning materials at school. The method of carrying out activities is that of instructors from academics and competent practitioners in the field. This learning involves changing the values, feelings, skills and knowledge students acquire through activities they do. Participants were present in an activity of 50 sports teachers. It is hoped that curriculum materials will be more interesting and have the latitude to present all aspects of basic motion and exercise action to achieve those aspects that serve the purpose and function of coaching, activities designed to bengate the various forms of presentation of traditional games, individual and group work, the application of simple discipline and rules. The program consists of traditional game models that are adapted to fun, exciting, and accessible elementary children. The wide target to be achieved is that an elementary school teacher will be able to do fun outside class learning by following the shapes of models developed, adding learning references to teachers, making youtube videos so that other teachers can be admitted to and published in the community service journal.

 

Abstrak

Tujuan pada Program Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada para guru terkait pembelajaran materi permainan tradisional di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan metode instruktur yang berasal dari akademisi dan praktisi yang sudah berkompeten dibidangnya. Pembelajaran ini melibatkan perubahan nilai, perasaan, keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh siswa melalui kegiatan yang mereka lakukan. Peserta yang hadir dalam kegiatan berjumlah 50 orang guru olahraga. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat disajikan materi kurikulum dengan lebih menarik dan memiliki keleluasaan waktu untuk menyajikan seluruh aspek dalam gerak dasar dan gerak olahraga untuk mencapai aspek- aspek yang menjadi tujuan dan fungsi pembinaan, kegiatan dirancang bengan berbagai bentuk penyajian yaitu permainan tradisional, kerja individu dan kelompok, penerapan disiplin dan peraturan yang sederhana. Program ini terdiri dari model permainan tradisional yang disesuaikan dengan anak-anak SD yang menyenangkan, menarik dan dapat diakses untuk semua. Target luaran yang akan dicapai adalah guru SD akan dapat melakukan pembelajaran luar kelas secara menyenangkan dengan mengikuti bentuk-bentuk model yang dikembangkan, menambah referensi pembelajaran untuk para guru, membuat video youtube sehingga guru-guru yang lain dapat ikut mengakses dan dapat terpublikasi pada jurnal pengabdian masyarakat.

Published
2022-12-20
How to Cite
Hartman Nugraha, Hernawan, & Masnur Ali. (2022). PELATIHAN OLAHRAGA TRADISIONAL KEPADA GURU DI KOTA CILEGON. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-45 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33659