PELATIHAN BAHASA ISYARAT KEPADA PARA PELATIH DISABILITAS RUNGU DKI JAKARTA

  • Fajar Vidya Hartono
  • Mustara
  • Slamet Sukriadi
Keywords: bahasa isyarat, pelatih disabilitas, pelatih disabilitas tuna rungu

Abstract

Abstract

The aim of this Community Service Program is to provide training to people with hearing disabilities in using Sign Language. The method of carrying out activities is by instructors who come from academics and practitioners who are competent in their fields. The learning provided is not only focused on providing material verbally, but the material can be practiced using sign language through physical activities in a small game atmosphere to provide a fun learning atmosphere. The sign language that will be trained is in accordance with the needs of athletes with hearing impairments in the field of sports. The output target to be achieved is that coaches of athletes with hearing impairments can understand and practice sign language according to the needs in the field of sports.

 

Abstrak

Tujuan pada Program Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada penyandang disibilitas Rungu dalam menggunakan Bahasa Isyarat. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan metode instruktur yang berasal dari akademisi dan praktisi yang sudah berkompeten dibidangnya. Pembelajaran yang diberikan tidak hanya terpaku dalam pemberian materi secara verbal, namun materi dapat dipraktekan menggunakan bahasa isyarat melalui aktivitas fisik dalam suasana permainan kecil untuk memberikan suasana belajar yang menyenangkan. Bahasa isyarat yang akan dilatihkan sesuai dengan kebutuhan atlet disabilitas tuna rungu dibidang olahraga. Target luaran yang akan dicapai adalah pelatih atlet disabilitas tuna rungu dapat memahami dan mempraktikan bahasa isyarat sesuai dengan kebutuhan dibidang olahraga..

 

Published
2023-10-30
How to Cite
Fajar Vidya Hartono, Mustara, & Sukriadi, S. (2023). PELATIHAN BAHASA ISYARAT KEPADA PARA PELATIH DISABILITAS RUNGU DKI JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), NPPM2023P-478 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39329