PENGENALAN PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING
Keywords:
Mandarin, Quantum TeachingAbstract
Abstrak
Bahasa Mandarin sudah menjadi bahasa asing kedua yang sering digunakan di dunia, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengakui bahasa Mandarin salah satu bahasa persatuan PBB. Masyarakat Indonesia keturunan non Tionghoa sebagian besar belum mengenal bahasa Mandarin secara baik karena menganggap bahasa Mandarin sulit untuk dipelajari, dilihat dari karakter bahasa mandarin yang sangat unik dalam penulisan dan pengucapan membuat pembelajar membutuhkan rangsangan dan motivasi untuk mempelajari bahasa tersebut. Fenomena yang terjadi saat ini pengajar memberikan sugesti negative kepada siswa bahwa bahasa mandarin sangat sulit untuk dipelajari sehingga sugesti tersebut tertanam diotak mereka yang mengakibatkan materi susah diterima. Selain itu, pengajar dalam menggunakan metode pengajaran belum menerapkannya dengan baik dikarenakan pengajar belum terlalu memahaminya dengan baik, khususnya metode quantum teaching ada juga yang masih menggunakan metode pengajaran konvensial. Adapun tujuan dilakukan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan bahasa Mandarin kepada siswa di tempat kursus K’PAI yang sebagian besar siswa dari kalangan non Tionghoa dengan status sosialnya menengah kebawah, selain itu juga untuk memperkenalkan kepada tutor tempat kursus tersebut dalam menggunakan metode quantum teaching agar tutor ditempat kursus tersebut dapat memberikan pengajaran yang baik kepada siswanya sehingga dapat memajukan tempat kursus K’PAI. Permasalahan dalam pengabdian masyarakat ini ada 2 (dua) yaitu 1) siswa belum mengenal sama sekali bahasa Mandarin karena sebagian besar siswa bersekolah di sekolah negeri, 2) tutor tidak menggunakan metode pembelajaran saat mengajar dan tidak mengenal metode quantum teaching. Sehingga solusi yang kami tawarkan adalah pengajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan salah satu metode pengajaran yang telah teruji dengan baik. Arah kegiatan pelaksanaan abdimas ini adalah sebagai Pelayanan Kepada Masyarakat dan Penerapan Iptek.
Abstract
Mandarin has become the second foreign language often spoken in the world, the United Nations (UN) has recognized Mandarin as one of the languages of the United Nations. Most of the Indonesian people of non-Chinese descent do not know Mandarin well because they think Mandarin is difficult to learn, seen from the very unique character of Mandarin in writing and pronunciation making learners need stimulation and motivation to learn the language. The current phenomenon that occurs when the teacher gives negative suggestions to students that Mandarin is very difficult to learn so that the suggestion is embedded in their minds which makes the material difficult to accept. In addition, teachers in using the teaching method have not applied it well because they have not understood it well, especially the quantum teaching method, some are still using conventional teaching methods. The purpose of this community service is to introduce Mandarin to students at the K'PAI course, most of which are non-Chinese students with middle to lower social status, besides that it is also to introduce the tutor of the course to using the quantum teaching method so that the tutor where the course is able to provide good teaching to students so that they can advance the K'PAI course. There are 2 (two) problems in community service, namely 1) students do not know Mandarin at all because most students attend public schools, 2) tutors do not use the learning method when teaching and do not know the quantum teaching method. So that the solution we offer is teaching Mandarin using one of the well-tested teaching methods. The activity direction for the implementation of this community service is as a service to the community and the application of science and technology.