PELATIHAN STRATEGI PENGAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING BAGI GURU-GURU YAYASAN ATTAQWA VIII KARANG TENGAH

  • Puti Zulharby Universitas Negeri Jakarta
  • Fatwa Arifah Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Sarip Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Kurnianingsih Universitas Negeri Jakarta
Keywords: kooperatif, problem posing, pengajaran

Abstract

Abstract

Meaningful learning is the key to teacher success in achieving learning goals. One of the efforts to achieve this is by applying varied learning methods. The results of the situation analysis conducted at the Attaqwa VIII Foundation in Karang Tengah, Bekasi found that only 24.1% of teachers in the past year attended teaching training, and most teachers still apply teacher-oriented learning. This is certainly a concern, that teachers need to get training to improve teaching professionalism, especially in the era of the development of new learning methods and changes in learning orientation. Problem posing cooperative learning training is expected to be a solution to increase teachers' teaching creativity. The problem posing method can be applied classically individually, in pairs and in groups. The problem posing method can help students have a deeper understanding to solve problems and encourage the creation of communication between students in terms of coming up with new ideas derived from each problem or material given. Approach partners personally and institutionally to obtain accurate data on learning conditions. Partner participation is carried out with training and mentoring programs. This service activity aims to: 1) increase teacher understanding applying fun and varied teaching principles; 2) increase teacher teaching skills in implementing cooperative learning with a problem posing approach, 3) establish cooperation and good relations between Jakarta State University and the Attaqwa VIII Karang Tengah Foundation, Bekasi.

 

Abstrak

Pembelajaran yang bermakna menjadi kunci kesuksesan guru mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu upaya mencapainya yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yang variatif. Hasil analisis situasi yang dilakukan di Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah, Bekasi didapatkan bahwa hanya 24,1% guru yang dalam satu tahun terakhir mengikuti pelatihan pengajaran, dan sebagian besar guru masih menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada guru. Hal ini tentunya menjadi perhatian, bahwa para guru perlu mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan profesionalitas mengajar, terutama di era berkembangnya metode-metode belajar baru dan adanya perubahan orientasi belajar. Pelatihan pembelajaran kooperatif problem posing diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kreatifitas mengajar para guru. Metode problem posing dapat diterapkan secara klasikal individu, berpasangan dan secara berkelompok. Metode problem posing dapat membantu siswa memiliki pemahaman yang lebih dalam untuk menyelesaikan masalah dan mendorong terciptanya komunikasi antar siswa dalam hal memunculkan ide baru yang berasal dari setiap masalah atau materi yang diberikan. Pendekatan terhadap mitra dilakukan secara personal dan institusional guna mendapatkan data yang akurat mengenai kondisi pembelajaran. Partisipasi mitra dilaksanakan dengan program pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: 1) menambah pemahaman guru menerapkan prinsip-prinsip pengajaran yang menyenangkan dan variatif; 2) menambah keterampilan mengajar guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing, 3) menjalin kerjasama dan hubungan yang baik antara Universitas Negeri Jakarta dengan Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah, Bekasi.

Published
2023-10-30
How to Cite
Zulharby, P., Arifah, F., Sarip, M., & Kurnianingsih, D. (2023). PELATIHAN STRATEGI PENGAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING BAGI GURU-GURU YAYASAN ATTAQWA VIII KARANG TENGAH. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-278 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39534