MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING FISIKA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

  • Shafa Rahma Cyrilla Universitas Negeri Jakarta
  • Vivi Fitriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Siska Miati Jati Ningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Bayyinah Universitas Negeri Jakarta
  • Immanuella Senja Dwi Febriani Universitas Negeri Jakarta
  • Abdullah Mu’adz Muflih Universitas Negeri Jakarta
  • Jaja Jamaludin Universitas Bosowa
  • Yayat W. Heriyanto SMA PKP Jakarta Islamic School
  • Jack Roland Luhukay CV Jyotis Cemerlang
  • Wisnu Djatmiko Universitas Negeri Jakarta
  • Achmad Ainul Yaqin Universitas Negeri Jakarta
  • Iwan Sugihartono Universitas Negeri Jakarta
  • Bayyinah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: PBL, Merdeka Curriculum, Learning Effectiveness, PKM-KKN, Kurikulum Merdeka, Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Abstract

Problem-Based Learning (PBL) is a teaching model that emphasizes real-world problem-solving as the focal point of learning. In the context of the Merdeka Curriculum, this approach enables students to take an active role in their learning. This article reports on the responses of teachers from Jakarta Islamic School Pondok Karya Pembangunan (JIS-PKP) Senior High School to a seminar titled "Enhancing Students' Science Creativity Through PBL as an Implementation of the Kurikulum Merdeka." The online conference was held on July 29, 2023, as part of the Research and Community Engagement integrated with Real-World Lecture (PKM-KKN) activities. The seminar elaborated on the role of PBL in supporting the implementation of the Kurikulum Merdeka Curriculum.

 

Abstrak

Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menekankan pemecahan masalah nyata sebagai pusat pembelajaran. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mengambil alih peran aktif dalam pembelajaran mereka sendiri. Dalam artikel ini akan dilaporkan bagaimana respon guru-guru dari SMA Jakarta Islamic School Pondok Karya Pembangunan (JIS-PKP) menanggapi kegiatan seminar yang berjudul tentang Peningkatan Kreativitas Sains Siswa Melalui PBL sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Seminar secara online dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2023 dalam rangkaian kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (PKM-KKN). Dalam seminar tersebut telah dipaparkan bagaimana peran PBL dalam mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.

Published
2023-10-30
How to Cite
Cyrilla, S. R., Fitriyani, V., Jati Ningsih, S. M., Bayyinah, Febriani, I. S. D., Muflih, A. M., Jamaludin, J., Heriyanto, Y. W., Luhukay, J. R., Djatmiko, W., Yaqin, A. A., Sugihartono, I., & Bayyinah. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING FISIKA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-36 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39354