POHON LITERASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN ANAK DI MUARA GEMBONG

  • Vania Zulfa Universitas Negeri Jakarta
  • Prastiti Laras Nugraheni Universitas Negeri Jakarta
Keywords: environmental concern, environmental education, environmental problems, literacy tree, information literacy, edukasi lingkungan, kepedulian lingkungan, literasi informasi, permasalahan lingkungan, pohon Literasi

Abstract

Abstract

Reading is a window to the world that makes people close to literary works, books, national characters and civilizations. Information Literacy is the ability to know the information needed to solve problems, develop ideas, ask essential questions using various information-gathering strategies, determine relevant and authentic suitable information, and effectively use that information for issues or problems faced so that people are literate. But literacy in SD Negeri 03 Pantai Mekar. This community service activity aims to develop children's environmental awareness in Muara Gembong Village through the media of the literacy tree. In the first year, literacy trees will be made as a source of children's learning, accompanied by education on environmental preservation through story books and mini demonstrations of tree planting for early childhood and school-age children. In the second year, education and assistance will be carried out regarding the reforestation of the land around the yard as a form of application of the knowledge obtained while making literacy trees a source of learning. Community service is also expected to increase children's awareness, knowledge, attitudes and even skills in preserving the environment; it will also create a clean and healthy environment and improve family and environmental welfare.

 

Abstrak

Membaca adalah jendela dunia yang membuat manusia dekat dengan karya sastra, buku, karakter bangsa, dan peradaban. Literasi Informasi sebagai kemampuan untuk mengetaui kebutuan informasi untuk memecahkan masalah, mengembangkan gagasan, mengajukan pertanyaan penting menggunakan berbagai strategi pengumpulan informasi, menetapkan informasi yang cocok relevan dan otentik secara efektif menggunakan informasi tersebut untuk isu atau masalah yang dihadapi agar masyarakat melek pada sebuah informasi. Namun literasi di SD Negeri 03 Pantai Mekar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kepedulian lingkungan anak di Desa Muara Gembong melalui media pohon literasi. Pada tahun pertama  akan dilakukan pembuatan pohon literasi sebagai sumber belajar anak disertai dengan edukasi pelestarian lingkungan melalui buku cerita dan demo mini penanaman pohon pada anak usia dini dan anak usia sekolah. Pada tahun kedua akan dilakukan edukasi dan pendampingan terkait penghijauan lahan sekitar pekarangan rumah sebagai bentuk aplikasi pengetahuan yang sudah didapatkan selama menjadikan pohon literasi sebagai sumber belajar. Dengan pengabdian masyarakat ini diharapkan pula dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan, sikap bahkan keterampilan anak dalam melestarikan lingkungan, selain itu juga akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga dan lingkungan.

Published
2023-10-30
How to Cite
Vania Zulfa, & Prastiti Laras Nugraheni. (2023). POHON LITERASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN ANAK DI MUARA GEMBONG. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023L-12 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39458