PELATIHAN RECORDING DAN STREAMING MENGGUNAKAN OBS STUDIO DI DAERAH RURAL

  • Remuz MB Kmurawak Universitas Cenderawasih
  • Lisiard Dimara Universitas Cenderawasih
  • Alvian Sroyer Universitas Cenderawasih
  • Samuel Mandowen Universitas Cenderawasih
Keywords: OBS Studio, Streaming, Recording, Workshop, Pelatihan

Abstract

Abstract

Live Streaming is a form of technological development allowing online learning. To be able to accommodate online learning preparation. This Recording and Streaming  Training activity using OBS Studio aims to support online learning about socialization and publication on social media. This activity is carried out by presentation method and direct workshops. The activity begins with preparation, implementation and evaluation. They can implement OBS Studio based on participant input, from the preparation stage equipment installation to recording and streaming. Some activities require looping independently, including merging with the Zoom application

Abstrak

Live Streaming merupakan dampak dari perkembangan Teknologi yang memungkinkan proses pembelajaran secara daring. Untuk dapat mengakodir persiapan pembelajaran secara online. Kegiatan Pelatihan Recording dan Streaming menggunakan OBS Studio ini bertujuan untuk menunjang pembelajaran secara daring mengenai sosialisasi, dan publikasi di media sosial. Kegiatan ini dilakukan dengan metode presentasi dan serta workshop secara langsung. Kegiatan diawali dengan persiapan, pelaksanaan serta evaluasi. Berdasarkan masukan peserta, mereka dapat mengimplementasikan OBS Studio mulai dari tahapan persiapan,instalasi alat, hingga recording  dan streaming. Beberapa aktivitas memerlukan perulangan agar dapat dikerjakan dengan mandiri, termasuk penggabungan dengan aplikasi Zoom.

Published
2023-10-30
How to Cite
Kmurawak, R. M., Dimara, L., Sroyer, A., & Mandowen, S. (2023). PELATIHAN RECORDING DAN STREAMING MENGGUNAKAN OBS STUDIO DI DAERAH RURAL. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-176 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39544