PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU BAHASA JERMAN DKI JAKARTA MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  • Santiah Universitas Negeri Jakarta
  • Fauzan Adhima
  • Nurul Muhajirin
  • Azizah Hanoum Siregar
Keywords: guru, bahasa jerman, tindakan kelas

Abstract

Abstract

Kompetensi di abad 21 ini menuntut guru untuk memiliki keterampilan-keterampilan yang dapat mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan profesionalisme kinerjanya sebagai pendidik. Salah satu cara yang bisa ditempuh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Pelatihan penyusunan PTK ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru bahasa Jerman DKI Jakarta akan pentingnya penelitian tindakan kelas. PTK  merupakan suatu upaya guru untuk perbaikan proses dan kualitas pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung pada tanggal 27 Agustus 2023. Materi yang disampaikan terdiri dari 2 tema pokok yaitu konsep dasar penelitian tindakan kelas dan latihan praktis penulisan penelitian tindakan kelas. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 22 orang guru bahasa Jerman DKI Jakarta. Metode penyampaian materi pelatihan terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan latihan menulis proposal.  Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa penguasaan guru bahasa Jerman pada materi tentang PTK mengalami peningkatan. Selain itu, peserta pelatihan sudah memiliki keterampilan dan kemampuan membuat Proposal PTK.

 

Abstrak

Kompetensi di abad 21 ini menuntut guru untuk memiliki keterampilan-keterampilan yang dapat mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan profesionalisme kinerjanya sebagai pendidik. Salah satu cara yang bisa ditempuh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Pelatihan penyusunan PTK ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru bahasa Jerman DKI Jakarta akan pentingnya penelitian tindakan kelas. PTK  merupakan suatu upaya guru untuk perbaikan proses dan kualitas pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung pada tanggal 27 Agustus 2023. Materi yang disampaikan terdiri dari 2 tema pokok yaitu konsep dasar penelitian tindakan kelas dan latihan praktis penulisan penelitian tindakan kelas. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 22 orang guru bahasa Jerman DKI Jakarta. Metode penyampaian materi pelatihan terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan latihan menulis proposal.  Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa penguasaan guru bahasa Jerman pada materi tentang PTK mengalami peningkatan. Selain itu, peserta pelatihan sudah memiliki keterampilan dan kemampuan membuat Proposal PTK.

Published
2023-10-30
How to Cite
Santiah, Fauzan Adhima, Nurul Muhajirin, & Azizah Hanoum Siregar. (2023). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU BAHASA JERMAN DKI JAKARTA MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-424 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39335