PELATIHAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN ABAD KE-21 BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR RAUDHAH

Authors

  • Wahyu Tri Widyastuti Universitas Negeri Jakarta
  • Yusi Asnidar Universitas Negeri Jakarta
  • Yunilis Andika Universitas Negeri Jakarta
  • Salma Fairus Taufiq Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Anggraini Universitas Negeri Jakarta
  • Mila Auli Hartantri Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

gamification, 21st century learning, ICT, training, integrated islamic school, gamifikasi, pembelajaran abad ke-21, TIK, pelatihan, sd islam terpadu

Abstract

Abstract

The integration of ICT in learning in the 21st century is necessary. In addition to improving students' digital literacy, learning using ICT can also motivate students to learn. One of the ways is through gamification. Gamification is a learning approach that uses games to increase students' motivation and interest in learning. By increasing students' motivation to learn, it is expected that students can achieve learning objectives optimally. Technology integration and gamification utilization for Ar Raudhah Integrated Islamic Elementary School teachers are still not optimal. For this reason, the French Language Education Community Service Team provided gamification training in 21st century learning for teachers at Ar Raudhah Integrated Islamic Elementary School located in Jatiasih, Bekasi. The method used was face-to-face training and tutoring. The training materials are slides and tutorials on making gamification for learning using Genially. After the training, teachers can create gamification for their lessons. Based on the post-test results, the gamification created can increase student motivation and activeness in the learning process. The training can also improve teachers' self-development.

 

Abstrak

Integrasi TIK dalam pembelajaran di abad ke-21 sangatlah diperlukan. Selain untuk meningkatkan literasi digital siswa, pembelajaran menggunakan TIK juga dapat memotivasi siswa dalam belajar. Salah satu caranya yaitu dengan gamifikasi. Gamifikasi merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan game atau permainan untuk meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa dalam belajar. Dengan meningkatknya motivasi belajar siswa, diharapkan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Integrasi teknologi dan pemanfaatan gamifikasi bagi guru-guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Raudhah masih belum optimal. Dengan alasan itulah, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Bahasa Prancis memberikan pelatihan gamifikasi dalam pembelajaran abad ke-21 bagi guru-guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Raudhah yang terletak di Jatiasih, Bekasi. Metode yang digunakan berupa pelatihan dan tutotial secara tatap muka. Materi pelatihan yaitu salindia dan tutorial pembuatan gamifikasi untuk pembelajaran menggunakan Genially. Setelah mengikuti pelatihan, guru-guru diminta untuk membuat game sesuai dengan pembelajarannya masing-masing. Guru-guru lalu mempresentasikan hasil kerjanya dan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat meberikan saran dan masukan atas hasil kerja yang dibuat guru-guru. Setelah mengikuti pelatihan, guru-guru dapat membuat gamifikasi untuk pembelajaran yang diampu. Berdasarkan hasil post-test, gamifikasi yang dibuat dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pelatihan yang dilakukan juga dapat meningkatkan pengembangan diri guru-guru.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Wahyu Tri Widyastuti, Yusi Asnidar, Yunilis Andika, Salma Fairus Taufiq, Dwi Anggraini, & Mila Auli Hartantri. (2024). PELATIHAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN ABAD KE-21 BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR RAUDHAH. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P-616-SNPPM2024P-625. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/51435

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.